Legenda yang Punya Rekor di J League

Legenda sepakbola Jepang, Kazuyoshi Miura
Sumber :

Jepang – J League telah berlangsung selama 30 tahun. Sejak awal sampai sekarang, banyak legenda yang berhasil mengukir rekor. Mereka memberi kesan tersendiri bagi para penggemar sepakbola Jepang.

Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 di Play-off Olimpiade 2024, Jangan Anggap Enteng

Setidaknya ada tiga legenda yang berhasil mengukir rekor pada kompetisi kasta tertinggi sepakbola Negeri Sakura. Berikut kami sajikan lebih lengkapnya;

1. Kazuyoshi Miura

Indonesia U-23 Tim Kuat, tapi Irak U-23 Optimistis Menang

Kazuyoshi Miura debut bersama Oliveirense

Photo :
  • Instagram Oliveirense

Ketika masih remaja, Kazuyoshi Miura memilih untuk merintis karier sebagai pemain di Brasil. Saat itu usianya masih 15 tahun. Dia kembali ke Jepang bersama Verdy Kawasaki (Tokyo Verdy) di tahun pertama J League, yakni 1993.

7 Cedera Terparah dalam Sepakbola, Patah Tulang Hingga Gegar Otak

Miura dan Tokyo Verdy menjadi juara di musim pertama J League. Pemain berjuluk King Kazu tersebut terpilih sebagai pemain terbaiknya.

Pada 1994, Miura dipinjamkan ke Genoa. Dia menjadi pemain pertama dari Asia Timur yang berkarier di Serie A.

Dia sempat merantau ke Liga Kroasia, Dinamo Zagreb. Setelah itu dia kembali ke Jepang untuk gabung dengan Kyoto Purple Sanga, Vissel Kobe, dan Yokohama FC.

Sepanjang bermain di J League, dia mencatatkan 326 penampilan dengan koleksi 139 gol. Dia menjadi pencetak gol terbanyak J League pada 1996 dan tiga kali masuk tim terbaik J League.

Sampai saat ini, Miura masih aktif bermain bersama Oliveirense di Liga Portugal. Dia memiliki rekor pemain profesional tertua di dunia karena masih bermain di usia 56 tahun.

Yasuhito Endo

Photo :
  • Dok. J League

Yasuhito Endo menjadi legenda dengan menjalani karier profesionalnya di J League. Dia memulai karier bersama Yokohama Flugels pada 1998, kemudian gabung Kyoto Purple Sanga di musim berikutnya.

Nama Yasuhito Endo naik ketika dia bermain untuk Gamba Osaka pada 2001. Itu menjadi tim yang dibela selama 20 tahun karena bertahan hingga 2021.

Dua kali Endo menjadi juara J League bersama Ganmba Osaka. Dia terpilih sebanyak 12 kali ke dalam tim terbaik kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang.

Berkat penampilannya tersebut, pada perayaan 30 tahun J League, dia terpilih sebagai pemain terbaik. Total dia memainkan 627 kali penampilan di J league dan itu adalah jumlah terbanyak sepanjang sejarah.

3. Yoshito Okubo

Yoshito Okubo

Photo :
  • Dok. J League

Yoshito Okubo memulai kariernya di J League bersama Cerezo Osaka pada 2001. Ketika itu dia baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas.

Sempat merantau ke Spanyol untuk main dengan Real Mallorca, dia juga mencicipi persaingan di Bundesliga bersama Vfl Wolfsburg,. Dia pemain Jepang pertama yang jadi juara di sana.

Sebagai penyerang, Yoshito Okubo amat tajam di J League. Dia pernah memperkuat Vissel Kobe, Kawasaki Frontale, F.C. Tokyo, dan Jubilo Iwata.

Tiga gelar pencetak gol terbanyak pernah dia dapatkan, yakni di musim 2013, 2014, dan 2015. Ketika itu dia membela Kawasaki Frontale. Dia menjadi satu-satunya pemain yang pernah tiga kali menjadi top scorer di J League.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya