Deretan Hal Menarik J League 2023

Vissel Kobe juara J League 2023
Sumber :
  • Dok. J League

Jepang – J League 2023 telah usai. Beberapa cerita ditinggalkan oleh kompetisi kasta tertinggi sepakbola Jepang tersebut. Ada tangis dan tawa yang mengiringi perjalanan musim ini.

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

J1 League 2023 adalah edisi terakhir yang diikuti 18 tim. Karena pada musim depan, akan ada dua tim tambahan. Satu tim yang menjadi korban degradasi adalah Yokohama FC.

Sedangkan tiga tim tambahan dari J2 League adalah Machida Zelvia, Jubilo Iwata, dan Tokyo Verdy. Mereka yang nantinya akan menambah sengitnya persaingan di j1 League.

Piramida Sepakbola Inggris dalam Bahaya

Vissel Kobe juara J League 2023

Photo :
  • Dok. J League

Di musim 2023, banyak pertandingan yang berakhir dengan skor mengejutkan. Albirex Niigata yang berstatus tim promosi bisa mengalahkan tim papan atas, Yokohama F. Marinos dan Kawasaki Frontale.

Beli Sepatu Bola Rp10 Juta, Kena Pajak Rp31 Juta, Warganet: Perhitungan dari Mana?

Kawasaki Frontale dan Gamba Osaka yang diisi pemain berkualitas melalui musim sulit. Mereka sempat terseok di awal, dan itu membuat berada di posisi papan tengah di akhir musim.

Di musim 2023 pula, J League harus berpisah dengan nama besar, yakni Andres Iniesta. Dia memilih untuk berpisah dengan Vissel Kobe di pertengahan musim.

Vissel Kobe di J League 2023

Photo :
  • Dok. J League

J League juga berpisah dengan bintang Timnas Thailand, Chanathip Songkrasin. Dia memilih tinggalkan Hokkaido Consadole Sapporo untuk pulang kampung.

Selanjutnya tentang persaingan dua bomber tim papan atas J League. Yuya Osako yang jadi andalan Vissel Kobe bersaing dengan penyerang Yokohama F. Marinos, Anderson Lopes.

Setiap pekannya mereka bersaing di daftar pencetak gol terbanyak J League. Sampai akhirnya mereka menjadi top scorer dengan total 22 gol.

Vissel Kobe mengukir sejarah untuk pertama kalinya dalam sejarah klub berdiri bisa memenangkan J League. Di bawah asuhan Takayuki Yoshida, mereka menjadi tim yang kuat.

Vissel Kobe mematahkan dominasi Kawasaki Frontale dan Yokohama F. Marinos yang sejak 2016 bergantian menjadi juara.

Penggemar J League bisa menyaksikan momen-momen terbaik Meiji Yasuda J1 League 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya