5 Fakta Menarik Yordania Usai Singkirkan Korea Selatan di Piala Asia 2023

Pemain Timnas Yordania rayakan kemenangan
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

Qatar - Yordania berhasil meraih kemenangan atas Korea Selatan dengan skor 2-0 dalam babak Semifinal Piala Asia 2023 pada Selasa malam kemarin, 6 Februari 2024.

Nyolong, Sersan Gordon Black Diringkus Polisi Rusia

Kedua gol Yordania masing-masing dibukukan Yazan Al Naimat (53') dan Mousa Tamari (66'). Hasil ini memastikan mereka melangkah ke Final Piala Asia 2023, sedangkan Korea Selatan akan memperebutkan tempat ketiga. Berikut fakta menarik duel Yordania vs korea Selatan:

1. Yordania Ciptakan Sejarah

5 Alasan Mengapa Lee Min Ho Jadi Bintang Hallyu No.1 Selama Lebih dari 1 Dekade

Timnas Yordania

Photo :
  • AFC

Yordania ciptakan sejarah di Piala Asia, negara tersebut berhasil lolos ke Final Piala Asia untuk pertama kalinya selama keikutsertaannya.

Birthday Cafe Event Baekhyun Dikritik K-Netz, Kenapa?

Pencapaian tertinggi Yordania sejak lolos ke putaran final untuk pertama kali tahun 2004 silam. Prestasi terbaik Yordania pada empat partisipasi sebelumnya hanya bisa lolos hingga babak perempat final.

2. Kemenangan Pertama Yordania Atas Korea Selatan

Pemain Timnas Yordania rayakan kemenangan lawan Timnas Irak

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Pertemuan Yordania dan Korea Selatan bukan pertama kalinya. Kedua negara tersebut sebelumnya pernah saling berhadapan. Namun dalam lima pertandingan terakhir, Korea Selatan berhasil meraih tiga kali kemenangan dan dua kali hasil imbang. Ini menjadi kemenangan perdana bagi Yordania dalam lima pertemuan terakhir.

3. Mousa Tamari Terbaik

Musa Al-Taamari

Photo :
  • Sorin Furcoi/Al Jazeera

Mousa Tamari mampu tampil luar biasa sebagai penyerang sayap kanan. Terlihat ia beberapa kali menciptakan peluang. Alhasil pemain Montpellier itu mampu mencetak satu gol. Atas penampilan gemilangnya, Mousa Tamari berhasil terpilih sebagai pemain terbaik dalam laga tersebut.

4. Korea Selatan Sempat Mencetak Gol

Son Heung-min saat Korea Selatan melawan Malaysia

Photo :
  • AP Photo/Thanassis Stavrakis

Sebetulnya di menit ke 19, bintang Tottenham Hotspur Son Heung Min sempat mencetak gol, namun gol tersebut dianulir oleh wasit setelah tertangkap offside terlebih dahulu.

Kemudian Korea Selatan sempat mendapatkan penalti setelah wasit menunjuk titik putih. Akan tetapi setelah melihat VAR, langsung membatalkan keputusan tersebut karena pemain Korea Selatan yang melanggar bek Yordania.

5. Antara Qatar dan Iran

Pemain Timnas Iran merayakan gol ke gawang Jepang

Photo :
  • Iran Football Federation

Lolosnya Yordania ke Final Piala Asia 2023, mereka akan menghadapi antara tim tuan rumah Qatar atau Iran. Kedua tim tersebut akan saling berhadapan pada malam nanti untuk merebutkan satu tiket ke Final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya