Daftar Tim Lolos 16 Besar Piala Eropa 2024, Spanyol Nyusul Jerman

Kapten Timnas Spanyol, Alvaro Morata saat melawan Italia
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

JERMAN – Timnas Spanyol dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2024 usai menjadi juara Grup B. Hasil ini didapat usai mengalahkan Italia 1-0 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat 21 Juni 2024 dini hari WIB.

Transfer Pemain Timnas Italia, Riccardo Calafiori ke Arsenal Masuk Ranah Hukum

Kemenangan Spanyol tersebut didapatkan dari gol bunuh diri pemain Italia, Riccardo Calafiori pada menit ke-55.

Gol tersebut berawal dari umpan silang yang dikirim Nico Williams dari sisi kiri, bola kemudian disambar oleh kepala Alvaro Morata ke arah gawang. Namun, bola berhasil ditepis Donnarumma.

Dipicu Pengibaran Bendera Israel, Polisi Jerman Tindak Keras Demonstran Pro-Palestina

Duel Timnas Spanyol vs Italia

Photo :
  • AP Photo/Manu Fernandez

Apes buat Italia, bola hasil tepisan Donnarumma justru mengenai tulang kering bek Riccardo Calafiori dan masuk ge gawang.

Lionel Messi Masih Tertinggal 21 Gol dari Cristiano Ronaldo

Hasil tersebut menempatkan La Furia Roja di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 6 poin. Mereka berkesempatan meraih poin sempurna jika mampu mengalahkan Albania pada Selasa, 25 Juni 2024 pukul 02.00 WIB.

Adapun, Italia berada di posisi kedua klasemen Grup B dengan dengan 3 poin, disusul Albania dan Kroasia yang masing-masing koleksi 1 poin.

Spanyol menjadi tim kedua yang lolos ke babak 16 besar Euro 2024 menyusul tuan rumah Jerman yang sudah lebih dulu setelah menang 2-0 atas Hungaria. Spanyol juga sudah memastikan diri lolos sebagai juara grup karena unggul head to head atas Italia.

Jerman berpeluang menjadi juara Grup A jika menang atau bermain imbang melawan Swiss pada laga terakhir fase grup.

Selain Jerman dan Spanyol, belum ada tim lain yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar Euro 2024.

Timnas Jerman

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni

Justru, Timnas Polandia menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Eropa 2024. Hasil tersebut didapat usai mereka kalah dari Austria pada Jumat 21 Juni 2024.

Dalam pertandingan di Olympiastadion Berlin, anak-anak asuh Michał Pobierz tak berdaya saat dihajar Austria dalam matchday 2 Grup D Euro 2024 dengan skor 3-1.

Berikut daftar negara yang lolos ke 16 besar Piala Eropa 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya