5 Fakta Mengerikan Inggris Usai Pecundangi Belanda di Semifinal Euro 2024

Pemain Timnas Inggris rayakan kemenangan
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVA – Timnas Inggris berhasil melaju ke partai final Euro 2024 setelah mempecundangi Spanyol di babak semifinal.

Kata Gareth Southgate Usai Inggris Buat Belanda Nangis

Bertanding di Signal Iduna Park, Kamis dini hari WIB, 11 Juli 2024, Inggris menang dengan skor 2-1.

Sejatinya, Inggris sempat tertinggal lebih dulu setelah Xavi Simons mencetak gol di awal babak pertama. Inggris mampu bangkit dan menyamakan skor lewat penalti Harry Kane.

Kenapa Tidak Ada Pertandingan Perebutan Tempat Ketiga Prancis Vs Belanda di Euro 2024

Ollie Watkins yang masuk sebagai pemain pengganti muncul menjadi pahlawan kemenangan Inggris lewat gol yang ia ciptakan di masa injury time babak kedua.

Berkat hasil ini, Inggris berhak tampil di partai final menghadapi Spanyol. Partai puncak ini rencananya akan dihelat di Olympiastadion, Berlin pada Senin 15 Juli 2024, dini hari WIB mendatang.

Daftar 2 Tim di Final Euro 2024

5 Fakta Mengerikan Usai Inggris Pecundangi Belanda


1. Inggris mengalahkan Belanda, yang berada di peringkat ke-7 dalam peringkat FIFA - negara dengan peringkat tertinggi yang pernah mereka singkirkan di babak sistem gugur Piala Dunia/EURO sejak Spanyol di perempat final EURO 1996 (peringkat ke-6).


2. Inggris di EURO 2024 akan menjadi tim pertama dalam sejarah EURO/Piala Dunia yang menghadapi lima negara berbeda yang semuanya dimulai dengan huruf yang sama dalam satu turnamen (Serbia, Slovenia, Slovakia, Swiss, Spanyol).


3. Inggris kini mencapai final di dua dari empat turnamen besar mereka di bawah asuhan Gareth Southgate (juga EURO 2020) – mereka hanya mencapainya dalam satu dari 23 penampilan Piala Dunia/EURO sebelumnya (Piala Dunia 1966) sebelum masa jabatan Southgate.


4. Inggris adalah tim pertama dalam sejarah Kejuaraan Eropa UEFA yang mencapai final meski tertinggal di perempat final dan semifinal dalam perjalanan


5. Harry Kane menjadi pencetak gol terbanyak di babak sistem gugur di turnamen besar Piala Dunia/Euro  dibandingkan pemain Eropa lainnya (9), menyalip Gerd Müller, Miroslav Klose, Antoine Griezmann, dan Kylian Mbappé (semuanya 8).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya