Jepang Juara Piala Dunia Wanita 2011

Pemain Jepang di final Piala Dunia Wanita 2011
Sumber :
  • AP Photo/Martin Meissner

VIVAnews - Tim wanita Jepang berhasil menjadi juara di Piala Dunia Wanita dengan menaklukkan Amerika Serikat lewat drama adu penalti 3-1 (2-2) di babak final, Minggu 17 Juli 2011 (Senin dini hari WIB). Gelar ini merupakan yang pertama buat timnas wanita Jepang.

AS sebelumnya pernah menjadi juara dunia di tahun 1991 dan 1999. Sedangkan buat Jepang ini merupakan final pertama mereka di Piala Dunia Wanita.

Bertanding di Commerzbank-Arena, Frankfurt, Jerman, kemenangan Jepang harus ditentukan lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 hingga waktu tambahan. Gol pertama Tim Negeri Paman Sam dicetak Alex Morgan di menit 69. Namun, Jepang bisa mengimbangi gol itu lewat Aya Miyama di menit 81.

Gol terakhir itu memaksa terjadinya perpanjangan waktu 2x15 menit. Timnas AS pun bisa memanfaatkannya dengan menambah satu gol lagi lewat striker veteran berusia 31 tahun, Abby Wambach, di menit 104.

Tapi kemenangan AS yang sudah di depan mata kembali terenggut setelah Homare Sawa mencetak gol penyeimbang di menit 117. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan dengan adu penalti.

Momen Shin Tae-yong Hibur Korea Selatan U-23 Usai Kalah Penalti

Sayangnya tiga algojo AS gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Sebaliknya, dari empat algojo Jepang, hanya satu pemain yang gagal. Jepang pun berhak atas gelar juara dunia untuk pertama kalinya.

Algojo Penalti

AS
Box gagal
Lloyd gagal
Heath gagal
Wambach gol

Jepang
Miyama gol
Nagasato gagal
Sakaguchi gol
Kumagai gol

Rubicon Mario Dandy Nggak Laku Dilelang Diduga Gegara Mahal, Ini Kata Kejari Jaksel
The All-New Citroen C3 Aircross

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan

Pabrikan asal Prancis, Citroen baru saja meluncurkan The All New C3 Aircross untuk pasar Indonesia. Mobil ini dijual dengan harga terjangkau.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024