Profil Semifinalis Copa America 2011

Paraguay Terunik, Venezuela Mengejutkan

Pemain Paraguay
Sumber :
  • AP Photo/Eduardo Di Baia

VIVAnews - Hanya ada empat tim yang akhirnya lolos ke semifinal Copa America 2011. Keempat tim itu yakni Peru, Uruguay, Paraguay dan Venezuela.

Peru lolos setelah di babak perempat final mengalahkan Kolombia dengan skor 2-0 lewat perpanjangan waktu. Sedangkan Uruguay lolos ke semifinal setelah menyingkirkan Argentina lewat adu penalti 5-4.

Sementara itu, Paraguay lolos setelah menaklukkan Brasil lewat adu penalti 2-0. Dan Venezuela lolos setelah mengalahkan Chile 2-1.

Lolosnya empat negara itu memang mengejutkan. Karena mereka sempat terseok-seok di penyisihan grup.

Peru lolos ke babak perempat final dengan status sebagai peringkat 3 terbaik. Sedangkan Uruguay memastikan lolos ke babak perempat final di laga terakhir grup dengan status runner up Grup C.

Sementara itu, Paraguay lolos ke babak perempat final dengan status peringkat 3 terbaik 2, dan Venezuela lolos ke babak perempat final dengan status runner up Grup B.

Tapi, keempat tim itu mampu memutarbalikkan prediksi. Uruguay misalnya, mampu mengalahkan tuan rumah Argentina dan Paraguay mampu mengalahkan Brasil. Paraguay terbilang unik

Di semifinal, Peru akan bertemu dengan Uruguay pada 20 Juli pagi WIB. Sedangkan Paraguay akan bertemu dengan Venezuela pada 21 Juli pagi WIB.

Berikut profil singkat semifinalis Copa America 2011:

Peru

Peru tercatat pernah menjadi tuan rumah Copa America sebanyak enam kali pada 1927, 1935, 1939, 1953, 1957, 2004. Namun, Peru baru tercatat dua kali menjadi juara Copa America 1939 dan 1975.

Pada Copa America tahun ini, tim besutan Sergio Markarian sempat bermain kurang menyakinkan di penyisihan Grup C. Di laga perdana, Peru bermain imbang 1-1 melawan Uruguay, di laga kedua menang 1-0 melawan Meksiko dan laga terakhir penyisihan grup kalah 0-1 dari Chile.

Uruguay

Dalam dua laga di penyisihan Grup C, Uruguay juga sempat tampil kurang menyakinkan, melawan Peru dan Chile yang berakhir imbang 1-1. Uruguay baru bisa memetik poin penuh di laga terakhir penyisihan setelah mengalahkan Meksiko 1-0.

Sepak terjang Diego Forlan cs di ajang Copa America tahun ini berbanding terbalik dengan catatan sejarahnya. Uruguay masih memegang rekor terbanyak memenangkan kejuaraan ini yaitu sebanyak 14 kali pada 1916, 1917, 1920, 1923, 1924, 1926, 1935, 1942, 1956, 1959, 1967, 1983, 1987, dan 1995.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia

Rekor Uruguay disamai Argentina. Tapi, Uruguay berpeluang mempertajam rekor di hadapan publik Argentina.

Paraguay

Ajaib. Paraguay lolos ke babak perempat final tanpa kemenangan satu pun di waktu normal. Di penyisihan grup B, Paraguay selalu bermain imbang.

Di laga perdana, Paraguay bermain imbang 0-0 menghadapi Ekuador. Di laga kedua, juga bermain imbang 2-2 menghadapi Brasil. Dan pada laga terakhir penyisihan grup, juga kembali imbang 3-3 melawan Venezuela.

Di babak perempat final, Paraguay juga sulit untuk memetik kemenangan di waktu normal. Paraguay baru bisa memastikan tiket semifinal lewat adu penalti menghadapi Brasil.

Dalam koleksi trofi Copa America, Paraguay sama dengan Peru. Kedua negara itu sama-sama baru mengoleksi dua trofi. Paraguay juara pada 1953 dan 1979.

Venezuela

Lawan Paraguay di semifinal ini memang mengejutkan. Lolos ke semifinal adalah torehan sejarah bagi Venezuela.

Negeri yang terkenal dengan pemenang kontes ratu-ratu dunia ini sebelumnya hanya pernah mencatat perempat final Copa America 2007 sebagai rekor terbaik. Saat itu, mereka menjadi tuan rumah. (one)

Pratama Arhan Jadi Sasaran Bully Netizen, Ibunda Teteskan Air Mata
Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024