Trapattoni Dilema Hadapi Italia

Pelatih Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni.
Sumber :
  • DAYLIFE

VIVAnews - Pelatih Republik Irlandia, Giovanni Trapattoni, sedang berada dalam posisi sulit. Ia harus memimpin timnya menghadapi negaranya sendiri, yakni Italia, pada Piala Eropa 2012 mendatang.

Ya, Irlandia dan Italia tergabung di grup yang sama, yakni Grup C. Selain kedua tim tadi, masih ada Kroasia dan Spanyol yang juga ikut bersaing di grup tersebut.

Sejak awal, Trapattoni mengaku sudah tahu timnya bakal berhadapan dengan lawan tangguh. Pasalnya, Irlandia sebelumnya hanya ditempatkan di pot keempat yang merupakan pot terendah saat pengundian.

"Kami tahu bahwa karena rangking kami, kami akan menghadapi tim terkuat di EURO. Ada Jerman, Inggris, Belanda dan Spanyol, dan kami akhirnya terpilih berhadapan dengan Spanyol. Kami akan menghadapi mereka di pertandingan kedua," kata Trapattoni seperti dilansir situs resmi UEFA.

Bagi Trapattoni, yang terberat tentu saja ketika timnya harus berhadapan dengan Gli Azzurri. Sebab, Trapattoni adalah orang asli Italia dan ia juga pernah melatih Gli Azzurri pada 2000-2004 lalu.

Trapattoni mengakui, akan ada dilema saat ia menghadapi Andrea Pirlo dan kawan-kawan. Di satu sisi ia ingin membawa timnya menang, namun di sisi lain ia tak ingin negaranya tersingkir dari turnamen.

"Saya tidak ingin bermain melawan Italia karena alasan teknis dan juga karena aspek psikologis. Kami mengenal satu sama lain dengan sangat baik dan salah satu dari kami harus meninggalkan turnamen, tapi saya tidak tahu siapa. Kami akan bermain dengan antusiasme, kemauan, dan identitas kami sendiri. Lalu, kita lihat apa yang akan terjadi," lanjut Trapattoni.

Pertemuan terakhir Italia dan Irlandia terjadi pada 7 Juni 2011 lalu. Ketika itu, Irlandia menang 2-0 pada laga persahabatan.

"Saya harap kami akan bermain untuk satu tempat di babak berikutnya ketika berhadapan Italia, karena itu akan memberi kami dorongan psikologis yang besar. Saya pikir Irlandia, Italia, dan Kroasia akan berjuang untuk tempat kedua," tuntas Trapattoni.

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016