Kiper Ukraina Diskors Dua Tahun

Aleksandr Rybka
Sumber :
  • rt.com

VIVAbola - Kiper Shakhtar Donetsk, Aleksandr Rybka terancam tak bisa memperkuat tuan rumah Ukraina di Piala Eropa 2012 mendatang. Rybka harus menepi setelah UEFA menjatuhkan skorsing selama dua tahun baginya akibat gagal melewati tes doping.

Hasil tes yang dilakukan kepada Rybka terungkap 13 Januari lalu. Dari uji laboratorium yang telah dilakukan ditemukan bahwa dalam tubuh Rybka tedapat zat terlarang yang tergolong dalam kategori doping.

Meski demikian, klub membantah kalau Rybka sengaja menggunakan zat tersebut. Menurut mereka, zat terlarang itu masuk ke tubuh Rybka secara tak sengaja usai memakan obat penurun berat badan. Shakhtar Donetsk juga akan mengajukan banding atas hukuman ini.

"Obat itu sendiri bukanlah stimulan, tapi memang masuk dalam daftar obat yang dilarang karena kemampuannya menghilangkan jejak dari penggunaan doping," bunyi pernyataan resmi klub.

Rybka sendiri tampil gemilang dalam debutnya bersama timnas Ukraina musim panas lalu. Menghadapi Estonia, Rybka mampu menjaga keperawanan gawangnya dan sukses melakukan sebuah penyelamatan penalti. Pada babak penyisihan Grup di Piala Eropa 2012 nanti, Ukraina akan bergabung dengan Inggris, Prancis dan Swedia.

Penonton Brutal, Ukraina Dihukum UEFA
Para pemain timnas Spanyol rayakan gol

Ungkapan Duka Timnas Spanyol dan Ukraina untuk Germanwings

Kedua tim sepakat kenakan ban hitam di lengan dan mengheningkan cipta.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2015