Kiper Zambia Gagalkan Kemenangan Nigeria

Zambia vs Nigeria (putih)
Sumber :
  • Reuters/Thomas Mukoya

VIVAbola - Nigeria kembali gagal memetik poin penuh saat bertemu Zambia pada penyisihan Grup C Piala Afrika 2013, Jumat, 25 Januari 2013. Dalam laga ini, Super Eagles dipaksa bermain imbang dengan skor 1-1.

Bertanding di Stadion Mbombela, Nelspruit, Afrika Selatan, Nigeria sebenarnya sudah mendapat penalti pada menit ke-25 setelah pemain Zambia, Davies Nkausu menjatuhkan Ahmed Musa di kotak terlarang. Sayang, John Obi Mikel yang maju sebagai eksekutor gagal menjalankan tugasnya. Tendangannya masih terbaca oleh kiper lawan.

Nigeria baru berhasil merobek jala Zambia di babak kedua. Pada menit ke-57, Emmanuel Emenike merobek jala Zambia lewat sebuah tendangan keras di dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk Nigeria.

Zambia mencoba membalasnya. Tekanan yang diberikan Emmanuel Mayuka dan kawan-kawan akhirnya berbuah hasil pada menit ke-84 saat wasit menunjuk titik putih atas pelanggaran yang dilakukan Osazi terhadap Emmanuel Makuya, meski kejadiannya berada di luar kotak terlarang. 

Kiper Zambia, Kennedy Mweene maju sebagai eksekutor. Dia berhasil mengecoh penjaga gawang Nigeria, Vincent Enyeama, sekaligus mengubah skor menjadi 1-1. Skor ini bertahan hingga laga usai.

Tambahan satu poin membuat Nigeria kini naik ke urutan kedua klasemen sementara Grup C dengan 2 poin. Sementara itu, Zambia naik ke urutan pertama, juga dengan koleksi 2 poin dari dua pertandingan.

Susunan pemain
Zambia: 16-Kennedy Mweene; 6-Davies Nkausu, 18-Emmanuel Mbola, 13-Stopilla Sunzu, 4-Joseph Musonda; 3-Chisamba Lungu, 8-Isaac Chansa, 19-Nathan Sinkala, 17-Rainford Kalaba, 11-Chris Katongo; 20-Emmanuel Mayuka

Nigeria: 1-Vincent Enyeama; 3-Elderson Echiejile, 22-Kenneth Omeruo, 14-Godfrey Oboabona, 17-Ogenyi Onanzi; 13-Fegor Ogude, 10-John Obi Mikel, 20-Nosa Igiebor, 11-Victor Moses; 9-Emmanuel Emenike, 7-Ahmed Musa (art)

Alasan Bintang Muda Arsenal Pilih Nigeria Ketimbang Inggris
Kalahkan Nigeria, Perancis Melaju ke Perempat Final

Pengorbanan 'Zidane Nigeria' demi Tampil di Olimpiade

Dia rela merogoh Rp397 juta dari kocek sendiri.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016