Mali Singkirkan Afsel Lewat Adu Penalti

Pemain Afsel, Tokelu Rantie rayakan gol dengan sujud syukur
Sumber :
  • REUTERS/Rogan Ward
VIVAbola -
Pemain Ini Jadi Kartu AS Roma Saat Lawan Real Madrid
Tuan rumah Afrika Selatan harus mengubur impian untuk lolos ke babak semifinal Piala Afrika 2013. Tim berjuluk Bafana Bafana ini disingkirkan Mali lewat adu penalti dalam laga yang berlangsung di Moses Mabhida Stadium, Sabtu 3 Februari 2013 (Minggu dini hari WIB).

Sulit Mengalahkan Madrid, Tapi Bukan Hal yang Mustahil

Afsel sebenarnya berhasil unggul lebih dulu pada menit 31. Berawal dari tendangan bebas yang diperoleh Mali, bola lalu direbut oleh Thuso Pala. Dia lalu memberikan bola Tokelu Rantie yang berdiri bebas. 1-0 untuk Afsel.
Pangkalan PBB di Mali Diserang Roket Militan


Mali berhasil menyamakan kedudukan pada menit 58 lewat gol eks gelandang Barcelona, Seydou Keita. Pemain yang kini memperkuat klub China, Dalian Aerbin ini berhasil memanfaatkan bola rebound hasil sundulannya sendiri.


Hasil imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit pertandingan, sehingga memaksa laga ini dilanjutkan dengan babak tambahan waktu.


Di babak tambahan waktu pun kedua tim tak bisa menciptakan gol sehingga pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.


Tiga eksekutor Afsel gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Hanya eksekutor pertama yakni Siphiwe Tshabalala yang sanggup menjaringkan gol. Sebaliknya, tiga penendang Mali sanggup menunaikan tugas dengan baik. Mali pun melenggang ke semifinal lewat kemenangan 3-1 lewat adu penalti.


Di babak semifinal, Mali akan menghadapi pemenang laga Pantai Gading melawan Nigeria.


Susunan Pemain

Afrika Selatan:
16-Itumeleng Khune; 2-Siboniso Gaxa, 14-Bongani Khumalo, 21-Siyabonga Sangweni, 3-Tsepo Masilela; 15-Dean Furman, 19-May Mahlangu, 12-Reneilwe Letsholonyane, 18-Thuso Phala; 17-Bernard Parker, 23-Tokelo Rantie


Mali:
16-Soumbeyla Diakite; 2-Fousseiny Diawara, 3-Adama Tamboura, 4-Adama Coulibaly, 13-Molla Wague; 6-Momo Sissoko, 20-Samba Diakite, 18-Samba Sow, 12-Seydou Keita; 10-Modibo Maiga, 15-Mahamadou Samassa
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya