Profil Timnas Jerman, Tuan Rumah Ingin Kembalikan Nama Besar di Piala Eropa 2024

Pemain Timnas Jerman rayakan gol Kai Havertz
Sumber :
  • AP Photo/Laurent Cipriani

JakartaTimnas Jerman seolah kehilangan marwah dalam beberapa tahun terakhir. Jerman yang kita kenal beberapa kali menghilang dalam gelaran Piala Dunia dan Piala Eropa.

Jadi Tuan Rumah Pertemuan Organisasi Petroleum ASEAN, Pertamina Dorong Kolaborasi Ketahanan Energi

Di Piala Dunia, Jerman dua kali beruntun langsung tersisih di fase grup pada 2018 dan 2022. Sedangkan di Piala Eropa 2020, Jerman cuma bisa mentok di babak 16 besar.

Kini, berstatus sebagai tuan rumah Jerman tentunya kembali ingin dipandang sebagai tim besar. Apalagi Der Panzer menyandang status tiga kali juara Piala Eropa dan empat kali juara Piala Dunia.

Daftar Pemain Timnas Spanyol di Euro 2024

Status sebagai tuan rumah Piala Eropa 2024 bisa membuat Jerman semakin tangguh. Mereka tentunya tak ingin menanggung malu seperti di turnamen-turnamen sebelumnya.

Kembalinya Toni Kroos
Kembalinya pemain senior Toni Kroos bisa menjadi suntikan motivasi untuk Jerman.

Profil Timnas Serbia di Piala Eropa 2024: Penantian Panjang 24 Tahun The Eagles

Comeback gemilang ditunjukkan Toni Kroos bersama Timnas Jerman. Pemain 34 tahun ini sukses membawa Der Panzer menekuk Timnas Prancis 2-0 dalam laga uji coba di Groupama Stadium, Minggu dini hari WIB, 24 Maret 2024.

Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos

Photo :
  • AP Photo/Laurent Cipriani

Ini menjadi laga perdana Kroos setelah memutuskan pensiun dari Timnas Jerman pada 2 Juli 2021 silam. Kroos langsung menyumbangkan satu assist untuk Jerman.

Pemain Real Madrid ini mencatat 143 sentuhan, 1 assist,  2 umpan kunci, 121 dari 128 umpan akurat, 6/8 menang duel, 3 tekel, dan tak ada pemain Prancis yang bisa melewatinya. Tentunya kematangan Toni Kroos bisa menjadi senjata untuk Jerman.

Pelatih Timnas Jerman, Julian Nagelsmann

Photo :
  • AP Photo/Matthias Schrader, File

Selain itu, ada juga sosok pelatih Julian Nagelsmann. Di jagat sepak bola Jerman, nama Julian Nagelsmann bukanlah hal yang asing. Semua dimulai pada usia muda.

Nagelsmann mencuri perhatian sebagai pelatih termuda dalam sejarah Bundesliga saat ditunjuk sebagai kepala pelatih 1899 Hoffenheim pada musim 2016/2017, pada usia 28 tahun.

Nagelsmann mampu membawa RB Leipzig menjadi runner up DFB Pokal di musim 2020/21. Dilanjutkan dengan satu gelar Bundesliga dan dua Piala Super Jerman bersama Bayern Munich.

Jerman berada di Grup A bersama dengan Skotlandia, Hungaria, dan Swiss. Mereka bakal memainkan laga perdana dengan menghadapi Skotlandia di Allianz Arena pada 14 Juni mendatang.


Skuad Timnas Jerman untuk Piala Eropa 2024

Kiper : Oliver Baumann (TSG Hoffenheim), Manuel Neuer (Bayern Munich), Alexander Nübel (VfB Stuttgart), Marc-André ter Stegen (Barcelona)

Bek: Waldemar Anton (VfB Stuttgart), Benjamin Henrichs (RB Leipzig), Joshua Kimmich (Bayern Munich), Robin Koch (Eintracht Frankfurt), Maximilian Mittelstädt (VfB Stuttgart), David Raum (RB Leipzig), Toni Rüdiger (Real Madrid), Nico Schlotterbeck (Borussia Dortmund), Jonathan Tah (Bayer Leverkusen)

Gelandang: Robert Andrich (Bayer Leverkusen), Chris Führich (VfB Stuttgart), Pascal Groß (Brighton), İlkay Gündoğan (Barcelona), Toni Kroos (Real Madrid), Jamal Musiala (Bayern Munich), Aleksandar Pavlović (Bayern Munich), Leroy Sané (Bayern Munich), Florian Wirtz (Bayer Leverkusen)

Penyerang: Maximilian Beier (Hoffenheim) Niclas Füllkrug (Borussia Dortmund), Kai Havertz (Arsenal), Thomas Müller (Bayern Munich), Deniz Undav (VfB Stuttgart)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya