Profil Timnas Serbia di Piala Eropa 2024: Penantian Panjang 24 Tahun The Eagles

Pemain Timnas Serbia, Aleksandar Mitrovic rayakan gol.
Sumber :
  • AP Photo/Ricardo Mazalan

Jakarta – Timnas Serbia akhirnya kembali mentas di Piala Eropa 2024 setelah penantian panjang selama 24 tahun. The Eagles-julukan Serbia- terakhir kali mentas pada edisi Piala Eropa 2000 saat masih bernama Yugoslavia.

Gawat! Timnas Polandia Tanpa Robert Lewandowski Hadapi Belanda

Pada momen tersebut Serbia tampil cukup moncer. Mereka finis di perempatfinal Piala Eropa 2000. Catatan itu tergolong lebih baik dari pencapaian terakhir mereka sebelumnya di Piala Eropa 1984 yang hanya mentok di babak penyisihan grup.

Piala Eropa 2024 pun menjadi kali keenam mereka eksis di turnamen bergengsi benua biru tersebut. Namun ini menjadi kali perdana The Eagles tampil sebagai Timnas Serbia. Meski hadir dengan wajah baru, tetapi mereka sejatinya merupakan penantang ulung.

Terpopuler: Irak Mustahil Main Mata Lawan Vietnam, Timnas Yunani Juara Piala Eropa

Pertandingan Timnas Serbia melawan Timnas Portugal

Photo :
  • twitter.com/EURO2020

Kiprah Piala Eropa sudah mereka selami sejak 1960 silam. Kala itu, The Eagles mampu keluar sebagai runner up. Tren positif itu kembali lahir di edisi Piala Eropa 1968 dengan pencapaian yang sama. Namun pretasi mereka menurun kala berstatus sebagai tuan rumah di edisi 1976 yang berakhir sebagai peringkat keempat turnamen.

Soal Peran Cristiano Ronaldo di Timnas Portugal, Jose Mourinho Bilang Begini

Pada Piala Eropa 2024 kali ini Timnas Serbia kedapatan masuk di Grup C bersama Inggris, Slovenia, dan Denmark. Sebagai tim yang berpengalaman mentas di turnamen tersebut, Timnas Inggris tampaknya menjadi lawan yang bakal ‘mengganggu’ jalan mulus The Eagles.

Mengingat Inggris saat ini menjadi favorit kuat tim yang bisa lolos grup di Piala Eropa 2024. The Three Lions-julukan Inggris- merupakan finalis di Piala Eropa 2020 lalu.

Pemain Bintang

Striker Juventus, Dusan Vlahovic, dipercaya bakal menjadi pisau tajam lini depan Timnas Serbia. Pemain berusia 24 tahun itu cukup produktif dalam urusan mencetak gol bersama Si Nyonya Tua-julukan Juventus.

Dalam data Transfermarkt, Vlahovic sudah menorehkan 18 gol dan tiga assist dari 38 aksinya di semua kompetisi musim ini.

Penyerang TImnas Serbia, Dusan Vlahovic

Photo :
  • AP Photo

Dia juga kerap kali menjadi mesin pencetak gol bagi The Eagles. Sejak debut pada Oktober 2020 lalu, saat ini Vlahovic sudah mengantongi 13 gol dari 25 penampilannya. Pemain satu ini tampaknya wajib diwaspadai saat berhadapan melawan Serbia.

Tidak hanya itu, Timnas Serbia juga dihiasi sejumlah pemain yang eksis di kasta tertinggi liga-liga Eropa. Salah satu pemain yang dimaksud di antaranya ada Luka Jovic yang saat ini berkarier di AC Milan.

Berikut Daftar Pemain Timnas Serbia di Piala Eropa 2024:

Kiper :

Vanja Milinkovic Savic (Turin), Predrag Rajkovic (Majorca), Dorde Petrovic (Chelsea), Aleksandar Jovanovic (Partizan)

Bek:

Strahinja Pavlovic (RB Salzburg), Nikola Milenkovic (Fiorentina), Milos Veljkovic (Werder Bremen), Srdan Babic (Spartak Moscow), Uros Spajic (Red Star), Strahinja Erakovic (Zenit), Nemanja Stojic (TSC), Jan Karlo Simic (Milan)

Gelandang:

Sasa Lukic (Fulham), Nemanja Gudelj (Seville), Nemanja Maksimovic (Getafe), Ivan Ilic (Torino), Sasa Zdjelar (CSKA Moscow), Srdjan Mijailovic (Red Star), Sergej Milinkovic Savic (Al Hilal), Dusan Tadic (Fenerbahce),

Samed Bazdar (Partizan), Aleksandar Cirkovic (TSC), Lazar Samardzic (Udinese), Veljko Birmancevic (Sparta Prague), Filip Kostic (Juventus), Filip Mladenovic (Panathinaikos), Matija Gluscevic (Radnicki 1923), Andrija Zivkovic (PAOK), Mijat Gacinovic (AEK), Nemanja Radonjic (Majorca)

Penyerang:

Aleksandar Mitrovic (Al Hilal), Dusan Vlahovic (Juventus), Luka Jovic (Milan), Petar Ratkov (RB Salzburg),

Mihailo Ivanovic (Vojvodina).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya