Belum Mendominasi Eropa, Guardiola Tak Bisa Disebut Gagal

Pelatih Bayern Munich, Josep Guardiola
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Yates
VIVA.co.id -
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
Presiden Kehormatan Bayern Munich, Franz Beckenbauer, masih percaya dengan pelatih Josep Guardiola. Meskipun prestasi The Bavarian di kancah Eropa masih belum memuaskan saat diasuh pelatih asal Spanyol tersebut.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Guardiola masih belum bisa membawa Bayern mendominasi kancah Eropa, seperti saat dia masih menukangi Barcelona. Sejauh ini, Arjen Robben dan kawan-kawan hanya terlihat kuat di kompetisi domestik.
Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal


Sejak menukangi Bayern, Guardiola sudah sukses membawa timnya mempertahankan gelar juara Bundesliga dan DFB-Pokal. Dan musim ini, kedua gelar itu sangat berpeluang besar kembali didapatkan oleh Bayern.


Kondisi itu berbanding terbalik saat bermain di kompetisi Liga Champions. Musim lalu, Bayern harus tersingkir oleh Real Madrid usai kalah agregat 0-5 di babak semifinal. Musim ini pun Bayern sulit untuk bisa mencapai final.


Bahkan, ada cerita mereka bakal tersingkir di babak perempatfinal usai kalah 1-3 dari FC Porto pada leg 1. Nasib Bayern pun akan terjawab pada leg 2 yang akan berlangsung di Allianz Arena, dini hari nanti.


Masa depan Guardiola pun mulai terusik karena capaian tersebut, belum lagi mencuat isu ketidakharmonisan dalam tim dengan mundurnya tim medis Bayern. Meski begitu, Beckenbauer masih menganggap Guardiola pelatih yang tepat untuk tim asal Jerman ini.


"Apakah Guardiola sudah gagal? Tidak. Saya pikir terlalu drastis untuk membuat klaim seperti itu," ujar Beckenbauer kepada
Bild.


"Tentu saja Anda harus menampilkan performa puncak di fase gugur Liga Champions. Kami gagal mencapainya di 3 dari 4 pertandingan. Bayern 2 kali dikalahkan Real Madrid pada tahun lalu. Kami belum lupa dengan kekalahan 0-4,” sambungnya.


Beckenbauer juga menilai performa pemain Bayern memang di bawah standar saat kalah di markas Porto. Namun, mantan pemain dan pelatih The Bavarians ini yakin timnya bisa membalikkan keadaan dan melangkah lebih jauh pada Liga Champions musim ini. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya