Terlibat Pengaturan Skor SEA Games, WNI Dibui di Singapura

Tersangka pengaturan skor SEA Games
Sumber :
  • Today Online
VIVA.co.id
FIFA Perpanjang Hukuman Para Pengatur Skor di Italia
- Warga negara Indonesia (WNI) bernama Nasruddin harus mendekam di penjara Singapura selama 30 bulan. Pria 52 tahun itu dibui karena terlibat dalam upaya pengaturan skor pada SEA Games Singapura 2015.

Kasus Pengaturan Skor di Liga Belanda Mulai Terkuak

Nasruddin bersama dua rekannya ditangkap saat menyuap salah seorang ofisial Timnas Timor Leste, Orlando Marques Henriques Mendes. Mereka ditangkap usai memberikan uang sebesar $15.000 kepada Henriques agar bersedia mengalah saat pasukannya bertemu Malaysia di penyisihan Grup SEA Games, 30 Mei lalu.

Demikian disampaikan Biro Investigasi Tindak Korupsi Singapura (CPIB) seperti dilansir Gulfnews.com. Malaysia akhirnya memenangkan duel dengan skor 1-0. Namun, kedua tim tidak lolos ke babak semifinal, dan emas jatuh ke Thailand.

Selain Nasruddin Cs, Mendes juga tak luput dari penyelidikan. CPIB menyatakan, mereka juga menemukan bahwa Mendes telah berusaha menyuap pemainnya.

Selama bertahun-tahun, sepakbola di kawasan Asia memang marak dengan pengaturan skor. Singapura kerap menjadi sasaran dan 2013 lalu badan antikejahatan Eropa, Europol, menyatakan bahwa ratusan pertandingan telah diatur oleh jaringan mafia judi global yang bermarkas di Singapura. Dibantu oleh sejumlah pelaku yang telah ditangkap bertekad membasmi masalah ini.

"Singapura mengadopsi zero-tolerance terhadap korupsi, dan apapun bentuknya pengaturan skor tidak direstui di Singapura," kata CPIB. "CPIB tidak akan ragu mengambil tindakan kepada siapapun yang terlibat kegiatan pengaturan skor ini." (one)

Manajer Chelsea musim depan, Antonio Conte.

Usai Umumkan Gabung Chelsea, Conte Terancam Penjara

Dia dituntut kurungan 6 bulan atas kasus pengaturan skor.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2016