Kualifikasi Piala Eropa 2016

Lolos Kali Pertama, Prestasi 'Gila' Negara Kecil Ini

Tim nasional Islandia
Sumber :
  • REUTERS/Michael Kooren
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Kelolosan Islandia ke putaran final Piala Eropa 2016 adalah kejutan yang sangat besar. Semula, tak pernah ada yang menyangka negara kecil berpenduduk 330 ribu jiwa tersebut bisa lolos ke Prancis.

Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
Saat pengundian babak kualifikasi, Islandia hanya ditempatkan di pot 5. Tim berjuluk Our Boys tersebut harus tergabung di Grup A bersama tiga tim kuat, Belanda, Republik Ceko, dan Turki.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Namun, di luar dugaan di laga perdana Islandia mampu menekuk Turki 3-0. Kejutan terus berlanjut. Mereka sukses dua kali menekuk Belanda (2-0 di Islandia, dan 1-0 di Belanda). Islandia berhasil lolos usai bermain imbang 0-0 dengan Kazakhstan, dini hari tadi.

Ini menjadi prestasi besar bagi duet pelatih, Lars Lagerback dan Heimir Hallgrímsson. Sebab, ini merupakan kali pertama Islandia tampil di turnamen besar. Sebelumnya, mereka tak pernah berpartisipasi di Piala Eropa dan Piala Dunia.

"Ini sulit dipercaya, saya terkejut. Kami bekerja sangat keras untuk mencapai titik ini. Kami adalah tim Islandia pertama yang lolos ke putaran final. Saat saya mulai bermain bola, saya bahkan tak pernah bermimpi ini bisa terjadi," kata kapten Islandia, Aaron Gunnarsson, seperti dikutip situs UEFA.

Mister Chip mencatat, Islandia menjadi negara dengan populasi terkecil yang tampil di Piala Eropa. Duet pelatih, Lagerback dan Hallgrimsson menyambut sukses tak terduga ini.

"Saya sangat bangga dengan tim ini dan bisa merasakan bagaimana bangga serta senangnya bangsa ini. Ini merupakan tim dengan pemain hebat dan mereka sangat layak tampil di Piala Eropa. Kami lolos dan masih ada dua pertandingan tersisa. Itu prestasi fantastis," kata Lagerback.

"Saat saya dan Lars mulai bekerja sama, Lars bilang pada saya tim ini cukup kuat untuk lolos ke Piala Dunia Brasil. Saya pikir, dia gila tapi saya mulai percaya. Kami hampir lolos ke Brasil. Kami menyikapi kekalahan playoff dari Kroasia dengan cara positif. Para pemain melihatnya dengan cukup baik," tutur Hallgrimsson. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya