12 Fakta Menarik & Rekor-rekor di Matchday 1 Liga Champions

Juventus Bungkam ManCity di Etihad Stadium
Sumber :
  • REUTERS/Phil Noble
VIVA.co.id
5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?
-  Matchday 1 penyisihan grup Liga Champions telah digelar, 15-16 September 2015. Beberapa catatan menarik dan juga rekor penting terjadi di kompetisi terelit Benua Biru ini.

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
Berikut 12 fakta menarik dan rekor yang terjadi di matchday 1 Liga Champions, seperti dihimpun situs resmi UEFA:

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal
1. Juventus dan Bayern Munich menorehkan catatan spesial. Juventus mencatat penampilan ke-150 di babak utama Liga Champions, sedangkan Bayern tampil untuk ke-200 kali. Manisnya, kedua tim ini mampu meraih kemenangan. Bianconeri menekuk tuan rumah Manchester City 2-1, sedangkan Die Roten menghajar Olympiacos 3-0.

2. Kekalahan atas Bayern menjadi kekalahan ke-50 Olympiacos di Liga Champions. Hanya Porto (51 kalah) yang punya rekor lebih banyak.

3. Real Madrid mencatatkan rekor 19 kemenangan berturut-turut di laga perdana penyisihan grup Liga Champions. Hal itu diraih usai menekuk Shakhtar Donetsk 4-0 di Santiago Bernabeu.



4. Hattrick megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo, ke gawang Shakhtar Donetsk, merupakan hattrick ke-80. Jumlah tersebut 3 kali lebih banyak dibandingkan megabintang Barcelona, Lionel Messi.

5. Ronaldo menorehkan hattrick ketiga di Liga Champions, semuanya dilakukan bersama Madrid. Dia menyamai rekor  Filippo Inzaghi, Mario Gomez, dan Luiz Adriano. Hanya Lionel Messi (5 hattrick) yang punya rekor lebih banyak.

6. Dua gol Ronaldo berasal dari titik penalti. Itu membuatnya mencetak rekor penalti terbanyak di Liga Champions dengan 11 tendangan. Di bawah CR7 ada Ruud van Nistelrooy dan Luis Figo, yang sama-sama mencetak 10 gol lewat titik putih.


7. Laga melawan AS Roma menjadi laga ke-100 Messi di Liga Champions. La Pulga menjadi pemain ke-26 yang mencatat rekor ini.

8. Rekor lain juga ditorehkan kiper Porto, Iker Casillas. Mantan pemain Madrid ini mencatat rekor 151 penampilan di Liga Champions, menyamai catatan Xavi Hernandez. Catatan ini diraih saat Porto menahan imbang Dynamo Kiev 2-2.

9. Pelatih Madrid, Rafael Benitez menjadi pelatih kedua yang memimpin 6 klub di Liga Champions, menyamai rekor Carlo Ancelotti. Sebelumnya, pelatih asal Spanyol ini pernah membesut Valencia, Liverpool, Inter Milan, Chelsea, dan Napoli.


Debut Astana (kuning) di Liga Champions

10. Tiga klub melakoni debut di penyisihan grup Liga Champions, tapi tak ada satu pun yang menang. Borussia Moenchengladbach takluk 0-3 dari Sevilla, Astana kalah 0-2 dari Benfica. Sementara itu, Gent bermain imbang 1-1 dengan Olympique Lyon.

11. Astana menjadi klub Kazakhstan pertama yang tampil di penyisihan grup Liga Champions. Dengan demikian, 32 dari 54 negara anggota UEFA sudah merasakan tampil di penyisihan grup.

12. Moenchengladbach menjadi klub Jerman ke-11 yang tampil di penyisihan grup. Jumlah ini hanya kalah dari Spanyol, yang diwakili 13 klub berbeda. Setelah itu ada Prancis (10 klub), serta Inggris dan Italia yang masing-masing sudah mengirimkan 9 klub berbeda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya