Tersandung Korupsi, Sekjen FIFA Dinonaktifkan

undian piala dunia 2014 inggris
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Moraes
VIVA.co.id
Chelsea Disanksi Pemerintah Inggris, ke Mana FIFA?
- Penyelidikan kasus korupsi yang terjadi di dalam tubuh FIFA terus berkembang. Terbaru, Sekretaris Jenderal FIFA yang juga menjadi tangan kanan Sepp Blatter, Jerome Valcke, disebut-sebut terlibat dalam korupsi massal di dalam tubuh FIFA.

Standar Ganda FIFA, Kapten Timnas Rusia: Mereka Lupa

Dilansir
Timnas Rusia Dihapus dari Game FIFA, Netizen: Israel Juga Dong!
Guardian , Valcke dicurigai melakukan penggelapan uang dari hasil penjualan tiket Piala Dunia. Valcke diketahui menyalurkan sebagian uang penjualan ke rekening pribadinya.


Praktek kotor ini diyakini sudah lama dijalani oleh Valcke. Bahkan, ada rumor menyebutkan, Valcke sudah meminta "jatah" kepada Federasi Sepakbola Rusia terkait pembagian keuntungan tiket di Piala Dunia 2018 mendatang.


Tudingan ini sebenarnya sudah dibantah oleh pengacara pria asal Prancis tersebut. Namun, Komite Etik FIFA tetap melanjutkan penyelidikan demi mendapatkan bukti kuat terkait dugaan tersebut.


"Hari ini, FIFA mengumumkan bahwa Sekjen Jerome Valcke dibebaskan dari tugasnya hingga ada pemberitahuan lebih lanjut," begitu pernyataan resmi FIFA dalam situs resminya.


"Lebih jauh, FIFA tengah menyelidiki kasus serius yang melibatkan sang Sekjen. Dan kami telah meminta kepada Komite Etik FIFA untuk melakukan persidangan secara resmi," begitu pernyataan lanjutan FIFA.


Valcke merupakan salah satu pejabat kawakan di FIFA. Dia menjadi orang kepercayaan Blatter selama 8 tahun.


Diketahui, berbagai negosiasi bisnis FIFA terkait penyelenggaraan turnamen internasional, langsung dikendalikan oleh Valcke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya