Piala Eropa 2016

3 Negara Lolos, Berapa Tiket ke Prancis yang Tersisa?

Para pemain Italia merayakan gol ke gawang Azerbaijan
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Matchday 9 kualifikasi Piala Eropa 2016, Sabtu, 10 Oktober 2015 atau Minggu dini hari WIB, menjadi momentum penting bagi Italia, Belgia, dan Wales. Pasalnya, tiga negara tersebut dipastikan lolos ke putaran final Piala Eropa tahun depan di Prancis. Lantas berapa tiket lagi yang tersisa untuk bisa berlaga dalam turnamen antarnegara paling bergengsi di Eropa tersebut?

Roberto Martinez Resmi Tangani Timnas Belgia

Italia dan Belgia mengunci tiket ke Prancis setelah berhasil meraup tiga angka atas lawan mereka masing-masing. Italia berhasil menggulung Azerbaijan dengan skor 3-1. Sementara, Belgia juga menang besar atas Andorra. Berlaga di kandang Andorra, Belgia menang dengan skor 4-1.

Wales sebenarnya meraih hasil tak memuaskan di matchday 9. Menghadapi Bosnia-Herzegovina, Wales kalah dua gol tanpa balas. Meski begitu, perolehan poin mereka sudah tak bisa dikejar oleh Bosnia yang ada di posisi ketiga atau zona playoff.

Dengan demikian, sudah 12 negara yang dipastikan tampil di Piala Eropa. Tersisa 12 tiket lagi yang akan diperebutkan oleh 19 kontestan kualifikasi. Beberapa di antaranya berstatus raksasa. Jerman contohnya. Meski sementara ini memimpin klasemen Grup D, Jerman bisa saja harus melewati fase playoff jika kalah di laga terakhir melawan Georgia.

Situasi lebih genting dialami oleh Belanda. Zona playoff adalah target paling realistis bagi Belanda. Namun, nasib De Oranje tampil di fase playoff juga akan bergantung pada Turki. Ya, jika Turki kalah di partai pamungkas melawan Islandia, Belanda bisa tampil di playoff. Catatan lain, mereka diwajibkan menang atas Republik Ceko.

Matchday terakhir putaran kualifikasi diprediksi akan sangat menarik. Tensi permainan di beberapa laga diperkirakan akan sangat tinggi karena berkaitan dengan nasib setiap tim di Piala Eropa nanti. Drama apa yang akan terjadi di matchday pamungkas nanti? Patut ditunggu.

Berikut ini adalah 12 negara yang sudah lolos ke Piala Eropa 2016 seperti yang dilansir dari situs resmi UEFA:

Prancis (tuan rumah), Islandia, Republik Ceko, Belgia, Wales, Spanyol, Inggris, Swiss, Irlandia Utara, Austria, Italia, Portugal.

Gaet Bek Tangguh Wales, Everton Lepas John Stones?

(mus)

Ryan Giggs bersama wasit Lee Mason

Giggs Tolak Nakhodai Timnas Wales

"Saya juga ingin memiliki tim saya sendiri."

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016