Ini Kunci Slovakia Catat Sejarah di Piala Eropa

Gelandang Slovakia, Marek Hamsik, saat rayakan gol.
Sumber :
  • REUTERS/Francois Lenoir
VIVA.co.id
Draxler Terancam Tak Ikut ke Piala Eropa 2016
- Sejarah berhasil diciptakan Slovakia di Kualifikasi Piala Eropa 2016. Untuk kali perdana sebagai negara merdeka, Slovakia berhak tampil di Piala Eropa, usai
menundukkan tuan rumah Luxemburg 4-2
Timnas Prancis Tanpa Benzema di Piala Eropa 2016
, dini hari tadi.

Cedera, Kiper Timnas Italia Batal Ikut ke Piala Eropa 2016
Sebelumnya, saat menjadi bagian dari Cekoslovakia, mereka sempat menjuarai Piala Eropa 1976. Namun, Piala Eropa tahun depan akan menjadi turnamen perdana Slovakia sebagai negara merdeka. Sebelumnya, turnamen yang mereka ikuti adalah Piala Dunia 2010.

Slovakia menjadi negara debutan kelima yang akan tampil di Prancis tahun depan. Tim berjuluk The Fighting Jondas ini menyusul langkah Islandia, Irlandia Utara, Wales, dan Albania. (Baca juga: 4 Tim Debutan di Piala Eropa 2016)

Lalu, apa kunci keberhasilan Slovakia? Star gemilang di kualifikasi adalah rahasianya. Mereka sukses menyapu bersih enam pertandingan awal di Grup C, termasuk menundukkan Spanyol 2-1 di laga kedua.

"Saya tak senang saat pertandingan perdana jelang kualifikasi, melawan Malta (persahabatan di 2014, sebelum melawan Ukraina). Saat itu, hanya sedikit fans yang hadir. Tetapi, setelah menang melawan Ukraina, saya senang dengan stadion yang penuh saat melawan Spanyol. Atmosfernya begitu luar biasa," ujar pelatih Slovakia, Jan Kozak seperti dilansir situs resmi UEFA.

"Sekarang, saya akan pulang untuk bermain golf dan sedikit bersantai. Setelah itu, kami akan bekerja lagi untuk bersiap menghadapi Piala Eropa," lanjutnya.

Kegemilangan Slovakia tak lepas dari peran pemain bintang, termasuk Marek Hamsik (Napoli) dan Martin Skrtel (Liverpool). Namun, Kozak menilai bukan dua pemain itu saja yang berkontribusi.

"Kami punya banyak pemain berbakat. Bukan hanya Marek Hamsik dan Martin Skrtel, tetapi Vladimir Weiss contohnya. Saya senang jika semua pemain bisa bermain di tim papan atas untuk menunjukkan kualitas mereka. Saya telah bekerja dengan mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri mereka," ucap Kozak. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya