Selalu Utamakan Joe Hart, Hodgson Dikritik

Penjaga gawang Timnas Inggris, Joe Hart
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Mantan kiper tim nasional Inggris, David James melontarkan kritik terhadap pelatih The Three Lions, Roy Hodgson. Pasalnya, Hodgson lebih sering memilih Joe Hart menjadi penjaga gawang utama ketimbang pemain muda lainnya yang ada dalam skuat.

Diberi Penerbangan Murahan, Tim Atletik Inggris Meradang

Menurut James, meski Hart mampu membuat gawang Inggris bersih dari kebobolan dalam 10 pertandingan di Kualifikasi Piala Eropa 2016, namun tetap saja kesempatan bagi penjaga gawang muda harus diutamakan.

(Baca juga: Hasil Lengkap Laga Sepakbola Internasional Semalam)


"Dengan Joe Hart Anda memiliki kiper yang berpengalaman, dan tak bisa dipungkiri, dia masih yang terbaik di Inggris," ujar James seperti dilansir Sky Sports.

"Tetapi, apa yang Jack (Butland) telah lakukan di kompetisi sudah sangat baik. Kemampuannya meningkat, dan dapat bersaing dengan baik," ujarnya menambahkan.

Rooney Masih Ingin Bermain untuk Timnas Inggris

Keputusan Hodgson ini dinilai oleh James merupakan warisan dari kebiasaan para pelatih Timnas Inggris sebelumnya, yakni lebih mengutamakan kiper senior ketimbang yang junior. Hal ini yang membuat kiper dengan catatan bagus seperti Butland kariernya menjadi mandek bersama Timnas.

"Masalahnya di Inggris, kita tidak cenderung memberikan kesempatan kepada penjaga gawang muda," tutur eks pemain Manchester City tersebut.

Bagi James, untuk menghasilkan penjaga gawang mumpuni, seharusnya mereka diberi tempat sejak masih berusia muda. Dia mengatakan, itu sambil merujuk apa yang dilakukan Timnas Spanyol terhadap Iker Casillas, dan Italia kepada Gianluigi Buffon.

Cahill Berambisi Raih Simpati Allardyce di Timnas Inggris

"Orang-orang seperti Iker dan Buffon memulai kariernya sejak masih berusia belasan. Dan Inggris tidak pernah mengikuti jalan itu." (Baca juga: Eks Bek Liverpool Selamat dari Insiden Tragedi Paris)

(mus)

Gelandang Liverpool, James Milner

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Dia merasa kalah saing dengan pemain muda di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016