Copa America Centenario 2016

Gol 'Hantu' Ekuador ke Gawang Brasil, Sah atau Tidak?

Insiden kontroversial di laga Brasil vs Ekuador di Copa America
Sumber :

VIVA.co.id – Sebuah kejadian kontroversial tercipta pada laga Copa America Centenario, Sabtu, 4 Juni 2016 atau Minggu WIB. Ekuador tampak berhasil memasukkan bola ke gawang Brasil, tapi dianulir wasit.

Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona CONMEBOL Makin Panas

Seperti dilansir Caught Offside, di menit 67, Bolanos menyisir di sisi kiri pertahanan Brasil. Dia lalu melepaskan tendangan yang tak mampu ditangkap dengan sempurna oleh kiper Brasil, Alisson Becker.

Dalam tayangan ulang, bola sudah melewati garis gawang. Pelatih Ekuador, Gustavo Quinteros, bahkan sudah merayakan gol tersebut di pinggir lapangan bersama staf tim.

Neymar Berdarah-darah, Malah Diminta Jangan Lagi Pamer

Sayangnya, asisten wasit dan juga wasit berpendapat lain. Mereka menilai bola tidak masuk dan ke luar dari gawang. Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 0-0.

Berbagai komentar pun muncul terkait insiden tersebut. Ada yang menilai bola lebih dulu ke luar lapangan, tapi banyak yang menilai gol tersebut sah.

'Virus FIFA' Bikin Klub-klub Dunia Pusing

Salah satu yang berkomentar keras adalah pelatih Ekuador, Gustavo Quinteros. Ia mengaku sudah mempelajari kejadian tersebut berkali-kali setelah pertandingan.

"Saya melihat video itu 25 kali. Harus semua (bola) ke luar baru out dan itu baru 60 atau 70 persen," ujar Quinteros kesal, seperti yang dilansir dari Daily Mail.

"Yang mengejutkan saya adalah, melawan Brasil, hakim garis begitu yakin mengangkat bendera saat dia berjarak 50 atau 60 meter. Saya yakin bendera itu tak akan diangkat kalau bukan Brasil. Ini kesalahan yang mengagalkan kemenangan Ekuador. Itu membuat saya marah," lanjutnya.

Di lain pihak, kubu Brasil tidak terlalu merespons gol tersebut. Pelatih Selecao, Dunga, mengaku tak bisa melihat dengan jelas saat insiden kontroversial tersebut terjadi.

"Saya tak bisa mengatakan itu masuk atau tidak, posisi saya jauh. Saya tak melihat di televisi dan dari posisi saya sulit untuk mengetahuinya. Para pemain yang terdekat dan mengatakan bola sudah ke luar," tutur Dunga.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya