Babak Baru Persaingan Chelsea dan Barcelona

Laga Chelsea vs Barcelona di ajang Liga Champions 2011/2012
Sumber :
  • Chelsea Newsletter

VIVA – Tengah pekan ini akan kembali dipanaskan dengan lanjutan babak 16 besar Liga Champions. Seluruh mata akan tertuju pada persaingan Chelsea yang akan menjamu Barcelona di Stamford Bridge, Rabu dini hari WIB, 21 Februari 2018.

Xavi Hernandez Tepis Isu Perselisihan dengan Lewandowski

Kedua tim ini cukup sering bertemu di Liga Champions. Dan selalu tercipta cerita menarik yang mengiringi duel ini.

Yang paling diingat tentu kontroversi duel leg kedua di semifinal Liga Champions 2008/2009. Kala itu, The Blues harus merelakan tiket ke partai puncak pada Barca usai kepemimpinan wasit Tom Henning Ovrebo yang dinilai memihak Los Azulgranas. Dan Barca pun menjadi juara di musim itu usai menundukkan Manchester United.

Profil Allianz Arena, Markas Bayern Munich Venue Pembukaan Piala Eropa 2024

Tiga musim kemudian, Chelsea mampu membalasnya. John Terry cs unggul secara agregat di semifinal. Puncaknya, The Blues menjadi juara Liga Champions setelah mengalahkan Bayern Munich.

Namun, kondisinya berbeda jauh pada musim ini. Barca datang ke London dengan kekuatan penuh dan kepercayaan diri tinggi usai tak terkalahkan di 31 laga di LaLiga. Sementara tuan rumah sedang dalam kondisi yang tak stabil.

Para Pecinta Sepak Bola Wajib Tahu, Jersey Klub Favoritmu Cuma Ada di Sini

Meski begitu, manajer Chelsea, Antonio Conte, sangat yakin timnya bisa mengalahkan Barca pada pertemuan esok. Salah satu caranya dengan menghentikan pergerakan Lionel Messi.

"Kami sudah melakukan analisa dalam waktu yang cukup lama. Kami memulainya sejak bulan lalu sebab lawan kami adalah tim terbaik di dunia," kata Conte seperti dilansir Evening Standard.

"Kami akan mencoba tampil sempurna. Akan sangat sulit menghentikan Messi sebab dia adalah pemain terbaik namun kami akan coba untuk menghentikannya," lanjut dia.

Tak hanya manajer, mantan pemain Los Azulgranas yang kini membela Chelsea, Pedro, juga sangat yakin bakal mengalahkan armada Ernesto Valverde. Dia bahkan mengirimkan doa buruk buat mantan timnya.

"Menghadapi Barcelona adalah laga yang sangat spesial. Kami akan meneruskan performa terbaik kami untuk bisa mendapat hasil yang baik," lanjut dia.

Selanjutnya>>> Messi yang Tak Pernah Beruntung

Messi yang Tak Pernah Beruntung

Meski Barca lebih unggul dari Chelsea di Liga Champions, tapi nyatanya sang raksasa spanyol masih memiliki satu cacat pada sang megabintang, yakni Lionel Messi. Sepanjang pertemuannya dengan The Blues, superstar asal Argentina itu belum berhasil membobol gawang The Blues.

Sejauh ini, Messi sudah delapan kali melawan Chelsea (1 menang, 5 imbang, 2 kalah). Dan Messi tidak bisa mencetak gol di delapan pertemuan tersebut.

Tentunya, ini menjadi sebuah cacat bagi Messi yang tak pernah berhasil mencetak angka ke gawang The Blues. Padahal, dia menjadi salah satu pemain tersubur di kompetisi Eropa.

Namun, torehan negatif ini disambut baik oleh Conte. Dia berharap tradisi buruk itu berlanjut hingga pertemuan esok.

"Saya berharap tradisi ini (Messi gagal jebol gawang Chelsea) berlanjut," kata Conte.

"Tapi, kita saat ini membicarakan tentang pemain fantastis dan salah satu pemain terbaik di dunia. Kami harus bekerja sama untuk mencoba menghentikannya," jelas Conte.

Berikut lima pertemuan terakhir Chelsea vs Barca di Liga Champions:

25 April 2012: Barcelona 2 - 2 Chelsea
19 April 2012: Chelsea 1 - 0 Barcelona
07 Mei 2009: Chelsea 1 - 1 Barcelona
29 April 2009: Barcelona 0 - 0 Chelsea
1 November 2006: Barcelona 2 - 2 Chelsea

Selanjutnya>>> Bayern di Atas Angin

Bayern di Atas Angin

Satu laga lagi yang dimainkan bersamaan dengan laga Chelsea kontra Barcelona adalah Bayern Munich yang akan menjamu Besiktas. Duel ini ibarat David vs Goliath lantaran jurang kualitas yang jauh berbeda antara keduanya.

Laga ini akan terlebih dulu dihelat di Allianz Arena, kandang Die Roten. Tentu, dukungan penuh para suporter bakal membuat armada Jupp Heynckes tampil semakin menggila.

Kepercayaan diri penuh juga dilontarkan oleh gelandang Bayern, James Rodriguez. Dia bahkan yakin timnya bakal melaju lebih jauh hingga menjadi juara.

James sadar jika persaingan di Liga Champions tak akan semudah di kompetisi domestik. Meski begitu, dia tetap penuh percaya diri menatap persaingan di kompetisi Eropa.

"Bayern adalah favorit saya untuk memenangi Liga Champions. Kami memiliki tim super dengan pemain top," kata James.

Patut dinantikan klub mana yang bakal berjaya dan melaju lebih jauh. Bukan tidak mungkin akan terjadi kejutan dan kontroversi yang akan semakin membuat laga ini semakin menarik untuk disaksikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya