Akhirnya, PSSI Putuskan Tunda Kompetisi untuk Antisipasi Corona

Opening Liga 1 2020
Sumber :
  • VIVA/Riki Ilham Rafles

VIVA – ?PSSI akhirnya membuat keputusan untuk menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim ini mulai Senin 16 Maret 2020. Penundaan kompetisi akan berlangsung hingga 2 pekan ke depan.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2

Keputusan itu diambil setelah pengurus PSSI dan jajaran direksi PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar rapat darurat di ruang VIP Stadion Batakan, Balikpapan, Sabtu 14 Maret 2020. Pada rapat itu membahas antisipasi penyebaran virus corona yang semakin ganas dan keluar keputusan untuk menunda kompetisi.

Baca Juga: Tegas, Pelatih PSS Sleman Minta Liga 1 Dihentikan Demi Cegah Corona

Kisah Andik Vermansah, Sempat Jadi Rebutan Klub Top Dunia Kini Terseok-seok di Liga 2

Artinya, sejumlah pertandingan yang digelar pada hari Minggu 15 Maret 2020, masih bisa digelar seperti biasa. Namun, untuk laga Liga 1 dan Liga 2 yang digelar Senin 16 Maret 2020, ditunda sampai jadwal baru keluar.

"Kita tentukan minimal dua pekan kompetisi berhenti, baik Liga 1 maupun Liga 2, sembari menanti perkembangan terkini atas penyebaran virus corona," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, seperti dikutip situs resmi, Sabtu 14 Maret 2020.

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Dengan keluarnya keputusan ini, maka satu pertandingan Liga 2 antara Persewar Waropen melawan Putra Sunan Giri, yang digelar di Stadion Cendrawasih, Biak, dipastikan ditunda. Demikian pula agenda pemusatan latihan Tim Nasional di masa kompetisi juga dibatalkan.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengapresiasi keputusan PSSI yang menunda kompetisi. Menurutnya, PSSI telah memperhatikan serius imbauan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait pencegahan virus corona.

"Itu artinya kita memperhatikan serius imbauan dari WHO maupun Kementerian Kesehatan. Ini juga sebagai bukti pemerintah berkoordinasi dengan cabang-cabang olahraga dalam penanganan terkait persebaran virus corona ini," ujar Zainudin.

Baca Juga:

Persib Bandung Disarankan Ikuti Arahan Ridwan Kamil?

Bersikukuh Tak Tunda Liga 1, Begini Cara Operator Hindari Virus Corona

Gara-gara Corona, Garuda Select Batal Tantang Leicester dan Arsenal

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya