Melihat 4 Pertemuan UEA Vs Timnas Indonesia, Siapa Menang?

Para pemain Timnas Indonesia dalam laga kontra Thailand di Piala AFF 2018
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Timnas Indonesia bakal menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) dalam laga ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G di Stadion Al Maktoum, Dubai, Kamis 10 Oktober 2019. Bagi keduanya, laga ini menjadi pertemuan yang kelima.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Dari empat pertemuan sebelumnya, Indonesia dan UEA seimbang. Keduanya sama-sama mengoleksi dua kemenangan dan dua kekalahan. Melansir 11v11, pertemuan Timnas Indonesia kontra UEA pertama kali terjadi pada Turnamen Merdeka di Malaysia, 2 September 1981. 

Ketika itu, Timnas Indonesia terlalu tangguh untuk UEA. Skuat Garuda sukses mencukur UEA dengan skor 5-2. Di ajang yang sama setahun kemudian, UEA bangkit. Mereka berhasil mengalahkan Indonesia dengan skor tipis 2-1. 

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Empat tahun kemudian, Indonesia dan UEA kembali bersua. Mereka berhadapan di perempat final Asian Games 1986. Kedua negara bermain 2-2 pada waktu normal dan perpanjangan waktu, namun, Timnas Indonesia memenangi pertarungan melalui adu penalti 4-3.

Setelah itu, kedua tim kembali bertemu di ajang penyisihan grup Piala Asia 1996. Kala itu, Timnas Garuda diperkuat sejumlah pemain top di zamannya seperti Widodo C Putro, Ronny Wabia, Bima Sakti, Yeyen Tumena, dan Hendro Kartiko. Akan tetapi, Indonesia tak dapat menahan gempuran UEA. Mereka takluk 0-2.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

Nah, pada pertemuan yang kelima ini, langkah Indonesia terbilang berat. Apalagi, pasukan SImon McMenemy dalam kondisi kurang stabil setelah mengalami dua kekalahan beruntun di kandang. Pada laga perdana, Indonesia dipermalukan Malaysia 2-3. Di laga selanjutnya, Evan Dimas cs dibantai 0-3 oleh Thailand. 

Simon mengaku, laga melawan UEA menjadi ujian lain bagi anak-anak asuhnya. Dengan kerja keras, Simon yakin laga bertajuk mission impossible tersebut bisa diakhiri positif.

"Kami percaya, bisa berkembang lewat tantangan ini. Di laga ini, kami ingin memberikan yang terbaik," kata Simon.

Rekor UEA versus Timnas Indonesia

1981 Merdeka Games Indonesia 5-2 UEA
1982 Merdeka Games Indonesia 1-2 UEA
1986 Asian Games Indonesia 2-2 UEA (4-3 pen)
1996 Piala Asia Indonesia 0-2 UEA

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya