5 Pertemuan Terakhir Timnas Indonesia Vs Vietnam, Siapa Menang?

Para pemain Timnas Indonesia merayakan gol Alberto Goncalves (9)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Timnas Indonesia bakal menjamu Vietnam dalam laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Selasa 15 Oktober 2019,

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

Timnas Indonesia membutuhkan kemenangan setelah tiga laga sebelumnya berakhir tragis. Armada Merah Putih saat ini terdampar di dasar klasemen tanpa meraih satu poin pun. 

Pada laga sebelumnya, Indonesia hancur lebur di kandang Uni Emirat Arab. Berlaga di Stadion Al Maktoum, Kamis 10 Oktober 2019, Indonesia dihantam lima gol tanpa balas.

Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Israel di Olimpiade 2024, Bisa Ketemu Argentina

Di kubu Vietnam, pasukan Park Hang-seo sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi. Mereka belum terkalahkan di dua laga yang telah dijalani. Pada laga sebelumnya, Vietnam berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 1-0. Vietnam saat ini bertengger di posisi ketiga dengan poin empat, hanya kalah produktivitas gol dari Thailand di peringkat kedua. 

Lalu, bagaimana pertemuan Timnas Indonesia kontra Vietnam di lima pertandingan terakhir? Mengutip RSSSF, Indonesia dan Vietnam sama-sama mengantongi satu kemenangan. Adapun tiga laga lainnya berakhir tanpa pemenang.

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, PSSI Langsung Geber Naturalisasi 2 Pemain Ini

Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam pada Semifinal Piala AFF 2016. Pada laga yang digelar di Stadion Pakansari, Kab. Bogor, 3 Desember 2016, Indonesia memang dengan skor 2-1.

Gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Hansamu Yamada dan Boaz Solossa lewat tendangan penalti. Sementara gol hiburan Vietnam dicetak oleh Nguyen Van Quyet.

Sedangkan Vietnam meraih kemenangan atas Indonesia pada pertandingan persahabatan di Stadion Nasional My Dinh 8 November 2016. Kala itu, Vietnam menang dengan skor 3-2.

Sementara itu, tiga laga seri kedua tim terjadi di fase Grup Piala AFF 2014. Saat itu skor berkesudahan 2-2. Kemudian, hasil imbang dengan skor 2-2 kembali terjadi pada laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, 9 Oktober 2016.

Terakhir, Indonesia dan Vietnam bermain imbang di leg 2 semifinal Piala AFF 2016 pada 7 Desember. Dua gol Indonesia dicetak Stefano Lilipaly (54') dan Manahati Lestusen (pen-97'). Sementara Vietnam memiliki dua gol dari lesatan Vu Van Thanh (83') dan Vu Minh Tuan (90+3').

Hasil imbang itu sudah cukup membuat Indonesia melenggang ke partai final karena menang agregat 4-3 dan berhasil melaju ke final AFF saat itu. Sayangnya, Indonesia harus puas di tempat kedua setelah kalah dari Thailand di partai final.

Berikut 5 Pertemuan terakhir Timnas Indonesia Vs Vietnam:

1. 22 November 2014, Fase Grup Piala AFF
Vietnam Vs Indonesia 2-2

2. 9 Oktober 2016, Uji Coba
Indonesia Vs Vietnam 2-2

3. 8 November 2016, Uji Coba
Vietnam Vs Indonesia 3-2

4. 3 Desember 2016, Semifinal Leg 1 Piala AFF 2016
Indonesia Vs Vietnam 2-1

5. 7 Desember 2016, Semifinal Leg 2 Piala AFF 2016
Vietnam Vs Indonesia 2-2

Baca Juga:

Lima Fakta Menarik Jelang Duel Krusial Timnas Indonesia Vs Vietnam

Undian SEA Games 2019, Timnas Indonesia U-23 Ada di Grup Neraka

Bukti Indonesia Terlalu Superior untuk Vietnam

Hadapi Vietnam, Timnas Indonesia Bakal DIbantai Lagi?

FOKUS: Luka Timnas Indonesia, Hadapi Vietnam dengan Wajah Babak Belur

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya