Tak Mau Mundur, Profesionalitas Simon Dipertanyakan PSSI

Pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy dipecat PSSI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

VIVA – Komite Eksekutif PSSI, Yunus Nusi, dengan tegas mengatakan jika Simon McMenemy sudah tak pantas melatih Timnas Indonesia. Juru taktik asal Skotlandia itu sudah seharusnya dipecat.

Instruktur Wasit PSSI: Keputusan Shen Yinhao Sudah Tepat

Hal ini menyusul kekalahan skuat Garuda dari Vietnam dengan skor 1-3 pada lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion I Wayan Dipta, Bali, Selasa 15 Oktober 2019.

Kekalahan tersebut membuat Indonesia semakin terjerembab di dasar klasemen lantaran belum pernah menang dari empat laga yang sudah dijalani. Sebelumnya, Tim Merah Putih juga tersungkur saat bersua Malaysia (2-3), Thailand (0-3), dan Uni Emirat Arab (0-5).

Timnas Indonesia U-23 Terhindar dari Israel di Olimpiade 2024, Bisa Ketemu Argentina

Rentetan hasil buruk tersebut sudah cukup menjadi alasan kuat untuk mendepak Simon. Dan sebagai profesional, eks pelatih Bhayangkara FC itu diminta sadar diri untuk segera mundur dari jabatannya jika tak ingin dipecat.

"Seperti yang sudah saya sampaikan pasca melawan Thailand, saya harap Simon mundur. Dengan ini sudah empat kali beruntun kalah telak. Kalau Simon profesional harusnya dia mundur tapi ternyata dia kaleng-kaleng," kata Yunus ketika dihubungi wartawan.

Maarten Paes Resmi Jadi WNI, PSSI Langsung Geber Naturalisasi 2 Pemain Ini

"Terlepas dia punya target di Piala AFF, ini kita sudah kalah empat kali di laga resmi. Kita juga kalahnya dari Malaysia dan Thailand, bukan dari Arab Saudi atau Australia," jelasnya.

Kendati demikian, Yunus mengaku tak bisa mengambil keputusan sepihak. Sebab, keputusan tersebut harus diambil di rapat Exco yang hingga saat ini masih belum digelar.

"Saya harap ada rapat Exco untuk memutuskan kita berhentikan Simon. Tapi, sampai saat ini belum ada. Kalau ada, saya akan dengan tegas meminta Simon dipecat," ungkap dia.

Namun, ketika dikonfirmasi soal kekosongan pelatih Timnas ke depannya andai Simon dipecat, Yunus menyebut bakal menyerahkan semuanya pada pengurus baru yang bakal ditetapkan usai Kongres PSSI yang rencananya digelar pada 2 November 2019 mendatang.

"Siapa pelatih barunya biar kita serahkan ke pengurus baru," tutur Yunus.

Baca juga:

Gara-gara Wawancara, Reporter TV Ini Dapat Cinta Bek Manchester City

FOKUS: Modal Positif Timnas U-19 Jelang Kualifikasi Piala Asia 2020

Buka Luka Lama, Maxi Lopez Sindir Mantan Istri yang Direbut Icardi

Federasi Sepakbola Spanyol Segera Tentukan Nasib El Clasico

KBP PSSI Perbolehkan Calon Ketum Ikut Program Debat dengan Syarat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya