Aneh, Bonek Tolak Piala Dunia U-20 di Surabaya

Bonek di pertandingan Persebaya vs Madura United
Sumber :
  • Rahmad Noto

VIVA – Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 menjadi kebanggaan tersendiri. Namun, hal berbeda justru dilontarkan oleh pendukung Persebaya Surabaya, Bonek.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Bonek menolak Piala Dunia U-20 digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Pemicunya, Persebaya terancam tak bisa berkandang di Surabaya musim depan.  

Sejak Jumat malam 17 Januari 2020, beberapa dinding sudut kota Surabaya bertebaran pamlet bertuliskan, "Persebaya Selamanya, Piala Dunia Sementara".

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

Aksi Bonek tolak Piala Dunia U-20.

Pamflet ini sebagai bentuk protes Bonek terhadap nasib Persebaya terancam terusir dari Surabaya, karena Stadion GBT akan direovasi sebagai persiapan tuan rumah Piala Dunia U-20.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Sebelumnya, di media sosial sudah lebih dulu tersebar kalimat serupa. Bahkan beberapa akun  bonek mengancam akan  melakukan boikot Piala Dunia U-20 jika Persebaya tidak diizinkan  main di Surabaya.

Beberapa kalimat di medsos itu diantaranya, "Jangan Pernah usir Persebaya dari Kota Surabaya", "Kau Usir Persebaya Ku Tolak Piala Dunia" dan "Surabaya Kandang Kita".

Salah satu pentolan Bonek, Andi Peci sempat menyatakan akan membuat gerakan lebih konkret jika masalah kandang Persebaya tidak segara terselesaikan.

"Liga 1 akan bergulir awal Maret. Waktu semakin mepet. Persebaya harus mendapatkan homebase di rumah sendiri. Perjuangan di medsos sak perlue (seperlunya), tingkatkan perjuangan yang konkret di dunia nyata," tulisnya.  

Hingga saat ini, Persebaya memang belum bisa memastikan akan berkandang di mana musim depan. Sebab, surat audensi yang dikirim ke Pemkot Surabaya belum ada tanggapan.

Manajemen Persebaya berharap masih bisa bertanding di Surabaya dengan tidak mengganggu rencana renovasi Stadion GBT. Selain itu juga mencari alternatif memakai kembali Stadion Gelora 10 November Tambaksari. Namun belum mendapatkan tanggapan dari Pemkot Surabaya, selaku pemilik dua stadion ini.

"Kita sudah kirim surat lama ke Pemkot untuk bisa bertemu dan mencari solusi agar Persebaya bisa tetap berkadang di Surabaya. Tapi memang belum ada tanggapan, " ujar Sekretaris Persebaya, Ram Surahman.

Penentuan venue Piala Dunia U-20 2021 rencananya akan diumumkan resmi oleh FIFA pada 25 Januari 2020.  FIFA akan memilih empat dari 10 stadion di Indonesia yang diusulkan PSSI, salah satunya stadion GBT.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya