Pro Kontra 29 Pemain Timnas Indonesia Pilihan Shin Tae-yong

Ilija Spasojevic, striker Timnas Indonesia
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jakarta, 23 Juli hingga 8 Agustus 2020.

Witan Sulaeman Naik Haji, Elkan Baggott Masih Tanda Tanya

Pemusatan latihan dilakukan sebagai persiapan menuju tiga pertandingan lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Oktober mendatang. Dari 29 nama pemain tersebut, Arema FC menjadi tim yang paling banyak menyumbang pemain. 

Tercatat, ada lima pemain yang dipanggil Tae-yong. Mereka adalah Bagas Adi Nugroho, Johan Ahmat Farizi, Hendro Siswanto, Muhammad Rafli, dan Kushedya Hari Yudo.

Elkan Baggott dan Maarten Paes Tak Dipanggil Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Vs Irak

PSM Makassar dan Persebaya Surabaya menyumbang empat pemain. Kemudian, wonderkid Indonesia, Egy Maulana Vikri yang kini bermain untuk Lechia Gdansk di Liga Polandia juga dipanggil.

PSSI: 50 Ribu Tiket Timnas Indonesia Sudah Terjual

Pemanggilan 29 pemain ini mendapatkan perhatian dari pecinta sepakbola Indonesia di media sosial. Berbagai tanggapan mereka berikan setelah mengetahui pilihan Tae-yong.

Sebagian dari mereka menyoroti tidak adanya gelandang energik Stefano Lilipaly. Padahal, selama ini, pemain Bali United itu selalu menjadi langganan di lini tengah skuat Garuda.

Tak sampai di situ, bek Persebaya Surabaya, Hansamu Yama tidak masuk dalam TC kali ini. Warganet juga mempertanyakan sedikitnya pemain Persib Bandung yang dipanggil. 

Pada kesempatan ini, Tae-yong hanya memanggil Febri Hariyadi. Kemudian mereka juga mempertanyakan tidak ada sama sekali pemain Persipura dalam pemanggilan ini. 

"Ada yang kurang, Hansamu Yama, Ricky Fajrin, Stefano Lilipaly, dan Riko Simanjuntak," tulis seorang warganet di akun media sosial PSSI. 

"Saddil Ramdani, Lilipaly. Banyak yang tidak dipanggil ini kacau. Hansamu, Irfan Jaya kok tidak ada," sambung netizen lainnya.

Namun, tak sedikit pula yang mendukung keputusan Tae-yong. Mereka meyakini banyaknya pemain langganan yang tidak dipanggil karena faktor strategi sang manajer.

"Kalau memang ini pemain murni pilihan coach Tae-yong, saya yakin ada alasan sendiri untuk memanggil wajah baru di Timnas Indonesia yang sesuai dengan kriteria dia. Kita percayakan saja pada pelatih," tulis netizen yang lain.

Di sisi lain, Tae-yong saat ini masih berada di Korea Selatan. Dia dijadwalkan tiba di Jakarta pada Kamis 23 Juli 2020. Sebelum menjalani latihan para pemain dan ofisial tim akan mengikuti Swab Test.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya