Dari 18 Klub Liga 1 2020, Cuma 6 yang Dapat Lisensi Profesional AFC

Arema FC vs Persib Bandung
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA – PSSI menetapkan enam klub Liga 1 2020 mendapatkan lisensi AFC. Keenam klub tersebut yaitu Persib Bandung, Arema, Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, dan Borneo FC.

Merayakan Ulang Tahun ke-89 Persib Bandung

Keputusan itu ditetapkan setelah PSSI menggelar rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan di Jakarta, pada Kamis 19 November 2020

Lisensi AFC merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepakbola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepakbola.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Selain sebagai acuan standar profesional, Lisensi AFC ini juga merupakan suatu syarat klub untuk dapat berpartisipasi di kompetisi resmi AFC seperti AFC Champions League dan AFC Cup.

Photo :
  • VIVA/Agustinus Hari
Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian pada Lisensi AFC ini. Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Tahun ini, seluruh klub Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi berharap ke depannya semakin banyak klub Indonesia yang mendapatkan lisensi AFC.

"Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepakbola," kata Yunus dalam rilis PSSI.

"Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia. PSSI ke depan akan menyiapkan National Club Licensing untuk kita terapkan di Liga 1 dan Liga 2," sambungnya.

Meski demikian, jumlah enam tim yang mendapat lisensi AFC tentu masih terbilang kurang. Pasalnya, seluru peserta (18 klub) ikut proses penilaian ini.

Tahun 2019, ada delapan klub yang mendapatkan lisensi AFC. Dengan rincian enam status lolos yakni Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sedangkan dua tim lagi lolos, tapi masih dengan catatan, atau yang disebut granted with sanction yakni Bali United dan Bhayangkara FC.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya