Terungkap, Cara Jitu Menpora Dapatkan Izin Turnamen Pramusim Liga 1

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali.
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – Jantung sepakbola Indonesia akhirnya berdenyut lagi setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan izin turnamen pramusim Liga 1 2021.

Apsumsi Gelar Turnamen Sepakbola Piala Menpora U-13, 16 Tim Bersaing Raih Juara

Ada sosok utama di balik luluhnya hati Kapolri Listyo Sigit. Dia adalah Menteri pemuda dan olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

Menteri asal Gorontalo itu rela pasang badan agar Kepolisian menerbitkan izin untuk turnamen pramusim. Amali paham, pemerintah saat ini sedang berupaya keras untuk mengatasi pandemi COVID-19 beserta dampaknya.

Turnamen Street Soccer Piala Menpora 2022 Tuntas, Ini Daftar Juaranya

Namun, sebagai Menteri yang ditugaskan Presiden mengurusi bidang olahraga, dirinya mencari jalan keluar dengan cara yang tepat.

Ya, kegiatan olahraga, khususnya sepakbola bisa berjalan lagi dengan penerapan protokol kesehatan dan kedisiplinan.

Turnamen Street Soccer Digelar Lagi, Siap Perebutkan Piala Menpora

Keberhasilan Amali 'menjemput' izin dari Kapolri mendapatkan banyak pujian dari masyarakat pecinta sepakbola nasional. 

Maklum, PSSI saja sebagai federasi sepakbola Indonesia pada tahun 2020 sempat tiga kali ditolak, bahkan kompetisi musim 2020 sampai akhirnya dibatalkan.

Menpora menyadari keresahan dan derita PSSI. Begitu juga kerinduan masyarakat Indonesia yang hampir satu tahun lamanya tak menyaksikan klub Tanah Air berlaga.

"Saya sebenarnya bekerja membantu kegiatan olahraga khususnya sepakbola yang sudah lama terhenti. Konsentrasi saya beberapa hari terakhir ini terpusat bagaimana mencari terobosan dan jalan keluar dari kebuntuan ini," kata Amali kepada VIVA, Jumat 19 Februari 2021.

"Ini bukan hal mudah, tapi kita harus memikirkan caranya. Butuh seni dan keterampilan menejerial untuk memadukan kedua kepentingan tersebut supaya tidak bertabrakan," sambungnya.

Untuk mengapresiasi dukungan dari Amali, PSSI dan operator kompetisi pun menggagas turnamen pramusim Liga 1 bertajuk Piala Menpora 2021.

Amali menuturkan, sepakbola bisa mengalahkan urusan politik dan ekonomi. Menurutnya, hasil lembaga survei bahwa 73 persen rakyat Indonesia menyukai sepakbola terbukti benar

"Itu adalah tugas seorang Menteri, harus kreatif, inovatif dan komitmen yang tinggi terhadap tugasnya di tengah suasana yang ekstra ordinary ini," ucapnya.

"Luar biasa antusiasme masyarakat terhadap bola ini. Saya juga sampai terharu mendapatkan ucapan terimakasih dari berbagai pihak di berbagai grup," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya