Shin Tae-yong: Hukum Osvaldo Haay, Jewer Rifad dan Suruh Witan Nyanyi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Sejumlah aksi Shin Tae-yong saat memimpin pemusatan latihan Timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab menjadi sorotan pecinta sepakbola nasional.

Ibunda Pratama Arhan: Semoga Timnas Indonesia U-23 Menang meski dengan Skor Tipis

Timnas Indonesia mulai berlatih di Dubai sejak Senin kemarin, 17 Mei 2021, guna persiapan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Indonesia akan menjalani dua uji coba dan tiga sisa laga kualifikasi.

Dalam pemusatan latihan kali ini, Shin Tae-yong memanggil 28 nama. 23 pemain dibawa setelah proses pemusatan latihan dan seleksi di Jakarta sejak 1 Mei 2021. Sementara lima pemain lainnya mereka yang berkarier di luar negeri.

STY Kantongi Rahasia Keganasan Uzbekistan di Piala Asia U-23: Saya Tak Pernah Kalah dari Mereka

Ada Egy Maulana VIkri (Lechia Gdansk), Witan Sulaeman (FK Radnik Surdulica), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Ryuji Utomo (Penang FA), dan Elkan Baggott (Ipswich Town).

Viral Pria Ponorogo Mirip Shin Tae-yong, Videonya Direpost Marselino Ferdinan

Di Dubai, latihan khusus diberikan Shin Tae-yong, mulai dari peningkatan kondisi fisik, pemahaman taktik dan strategi, hingga membangun tembok pertahanan yang kokoh.

Selama latihan, para pemain dengan penuh semangat melahap apa yang diberikan sang pelatih. Namun, ada beberapa keinginan Shin Tae-yong yang belum bisa dilakukan pemain.

Tak main-main, juru taktik asal Korea Selatan itu langsung menegur dengan tegas, atau bahkan dirinya tak segan memberikan hukuman. Seperti yang dia lakukan pada Osvaldo Haay.

Winger Persija Jakarta itu mengakui dirinya dua kali mendapatkan hukuman. Meski demikian, Osvaldo tak dendam dan menyadari hal itu untuk kebaikannya sendiri. 

“Tidak boleh ada kesalahan dalam latihan, coach Shin Tae-yong sangat detail. Saya dua kali kena hukuman berlari, karena ada sesuatu yang salah saat saya dalam berlatih," kata Osvaldo

"Tentu saya terima kasih kepada pelatih, karena bagus untuk perbaikan diri sendiri,” sambung pemain asal Jayapura itu.

Selain Osvaldo, pemain yang mendapat hukuman adalah Rifad Marasabessy. Dia dijewer di hadapan rekan-rekannya gara-gara makan sembarangan.

Ya, Shin Tae-yong memang pelatih yang detail. Dia sebelumnya pernah beberapa kali mengkritik pola makan pemain Indonesia.

“Untuk meningkatkan kondisi fisik, butuh konsumsi makanan yang benar. Karena ada pemain yang tidak benar dalam mengonsumsi makanan, maka saya tegur sedikit," kata Shin.

"Seharusnya, kami makan protein yang tinggi. Itu semua agar kondisi fisik mereka bisa meningkat," ucapnya.

Meski bersikap tegas, Shin ternyata bukan sosok yang kaku. Dia juga kerap membuat cair suasana. Salah satunya adalah ketika dia meminta Witan Sulamen untuk menghibur rekan-rekannya.

Witan yang baru bergabung latihan diminta untuk bernyanyi dengan keras dan suka cita di hadapan para pemain lainnya.

“Iya, mereka meminta saya berdiri di tengah mereka berkumpul, untuk selanjutnya menyanyikan lagu dengan suara lantang dan suka cita,” ungkap Witan.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya