On This Day: Timnas Indonesia U-23 Dapat Pelajaran dari AS Roma

Alessandro Florenzi saat masih memperkuat AS Roma
Sumber :
  • foxsprotsasia.com

VIVA –  Timnas Indonesia U-23 mendapat kesempatan menjajal AS Roma dalam laga uji coba di  Stadion Centro d'Italia, Jumat 18 Juli 2014. Garuda Muda takluk 1-3.

Karier Radja Nainggolan: Dari AS Roma, Inter Milan hingga Degradasi di SPAL dan Bhayangkara FC

AS Roma berhasil mencetak gol pembuka lewat kaki dari Alessandro Florenzi pada menit kedelapan. Sepakan mendatar dari pemain berusia 23 tahun tersebut tak mampu digapai oleh Andritany Ardhiyasa.

Pada pertandingan uji coba ini, allenatore Rudi Garcia menurunkan beberapa pemain andalannya. Laga ini juga menjadi debut bagi Ashley Cole yang baru saja didatangkan dari Chelsea.

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Menit ke-12, Salih Ucan sukses menggandakan kedudukan menjadi 2-0 bagi Roma. Memanfaatkan clearence dari Igbonefo, Ucan yang tanpa kawalan tak sulit mengonversinya menjadi gol dari dalam kotak penalti.

Marco Borriello menambah pundi-pundi gol Roma di menit ke-43 lewat sundulan kerasnya, Roma pun unggul 3-0 atas Timnas U-23 hingga berakhirnya babak pertama.

Hasil Lengkap Liga Europa: Liverpool Menang tapi Menangis, AS Roma Singkirkan AC Milan

Di babak kedua, Indonesia mencoba terus melakukan terobosan ke pertahanan Roma. Akhirnya, usaha mereka berbuah gol lewat kaki Roma Rasyid Assahid Bakri pada menit ke-56 dan memperkecil kedudukan menjadi 1-3. Skor ini pun bertahan hingga akhir laga.

Usai laga, pelatih Timnas U-23, Aji Santoso tak merasa kecewa. Aji justru merasa puas karena timnya mendapat pelajaran berharga. Apalagi Giallorossi menurunkan sejumlah permain terbaiknya pada laga tersebut.

"Ini pengalaman yang baik untuk timnas. Terbukti mereka mampu menampilkan pola permainan yang baik seperti saat latihan, meskipun berhadapan dengan tim yang jelas levelnya lebih di atas,” ujar Aji dalam rilis Badan Tim Nasional (BTN).

Selain itu, Aji juga menyoroti beberapa kelemahan timnya pada pertandingan melawan tim asuhan Rudi Garcia tersebut. Diharapkan, kelemahan-kelemahan tersebut bisa diperbaiki pada dua pertandingan uji coba selanjutnya menghadapi Lazio dan Cagliari.

“Pemain masih terlalu cepat kehilangan bola ketika mendapat tekanan. Mereka harus lebih cepat, berani dan peka untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya,” ucap pelatih asal Malang tersebut.

Tur Italia kali ini merupakan bagian dari persiapan Timnas U-23 menjelang Asian Games 2014 yang bakal dihelat di Incheon, Korea Selatan, 19 September-4 Oktober 2014. Uji coba melawan tim-tim Italia diharapkan bakal membuat Garuda Muda siap melawan tim-tim tangguh seperti Korea Selatan dan Jepang.

Susunan Pemain
AS Roma:
Lukasz Skorupski; Ashley Cole, Radja Nainggolan, Leandro Castan, Salih Ucan, Adam Ljajic, Fransesco Totti, Mattia Destro, Alessandro Florenzi, Mihai Alexandro Balasa, Mihai Somma

Timnas Indonesia U-23: Andritany Ardhiyasa?, Dany Saputra, Victor Igbonefo, Alfin Ismail Tuasalamony, Manahati Lestusen,Dedi Kusnandar (C), Rasyid Assahid Bakri, Novri Setiawan, Bayu Gatra, Fandi Eko Utomo, Yandi Sofyan Munawar

Mau tahu apa saja peristiwa bersejarah di dunia olahraga? Simak On This Day setiap hari hanya di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya