Pernah Bikin Marah, Nasib Elkan Baggott di Tangan Shin Tae-yong

Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott
Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott
Sumber :
  • pssi.org

VIVA – Drama Elkan Baggott dan Timnas Indonesia memasuki babak baru. Pemain Ipswich Town U-23 itu sempat diklaim menolak panggilan memperkuat Skuad Garuda. 

Elkan akhirnya buka suara perihal sebab dirinya tak bisa memenuhi panggilan itu.

Elkan memang dipanggil pelatih Shin Tae-yong agar dapat bergabung pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) Juni lalu. 

Namun, kenyataannya ia tidak bisa bergabung . Melalui surat yang ia kirimkan kepada PSSI, Elkan menyebut dirinya bukan menolak panggilan membela Indonesia.

Namun, dia terganjal olah peraturan pemerintah Inggris dan klubnya karena situasi COVID-19. Inggris memasukkan UAE ke dalam daftar pengawasan ketat penerbangan sejak pertengah Januari 2021, karena menganggap pandemi COVID-19 di salah satu negara jazirah Arab itu sangat tinggi, sehingga masuk ke dalam daftar zona merah.

Elkan Baggott saat menjalani latihan di Timnas U-19
Photo :
  • PSSI

Elkan Baggott saat menjalani latihan di Timnas U-19

Dampak dari kebijakan itu, setiap warga negara Inggris maupun asing yang datang dari Dubai, termasuk yang melakukan transit, harus menjalani karantina selama sepuluh hari di tempat penginapan yang telah ditentukan pemerintah dengan biaya pribadi.