Respons Ketum PSSI soal Wasit yang Ngaku Terlibat Pengaturan Skor

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Seorang oknum wasit dengan nama samaran Mister Y mengaku terlibat dalam pengaturan skor di Liga 1. Bahkan, musim ini dia sudah dua kali melakukan praktik haram itu.

Iwan Bule Bingung Usai Timnas Indonesia U-23 ke Babak 8 Besar : Itu Shin Tae-yong atau Pep Guardiola

Hal tersebut diakuinya saat hadir dalam acara Mata Najwa, Rabu 4 November 2021 kemarin. Dalam menjalankan aksinya, oknum wasit itu menyebut, caranya 'bermain' adalah menganulir handball jika itu dilakukan oleh tim yang diharuskan menang.

Ilustrasi wasit di ajang Liga 1

Photo :
  • Istimewa
Ada Sosok Mencurigakan saat Pertandingan Persik Vs Bhayangkara FC

Pengakuan tersebut pun menggemparkan publik sepakbola nasional. Namun, tidak dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu malah meragukan kebenaran hal tersebut. 

Sebab, PSSI sudah menggaji wasit dengan cukup besar sehingga ia ragu ada wasit yang terlibat kasus dugaan pengaturan skor.

8 Pebulutangkis Indonesia Kena Sanksi Berat BWF, Ada yang Dihukum Seumur Hidup

“Kita tahu kemarin dari salah satu stasiun televisi tentang Mr Y. Dari analisa yang kami dengar dan keterangannya, bukan kami tidak percaya. Mereka ditanya dapat gaji berapa dan menjawab adalah,” kata Iwan Bule kepada media di Kantor PSSI, Sabtu 6 November 2021,

“PSSI sudah menaikkan gaji mereka (wasit). Dari Rp3 juta, sekarang 10 juta lho selama pandemi pandemi Covid. Artinya, saya peduli sama mereka. Tetapi, mereka tidak bisa menjawab dapat berapa. Masa, pemasukan sendiri tidak disampaikan?” ujarnya.

Sama seperti Ketua Komite Wasit, Ahmad Riyadh, Iwan Bule berharap agar identitas Mister Y dapat diberi tahu, supaya memudahkan kerja PSSI untuk memberantas kasus pengaturan skor ini.

“Dari situ saya berpikir, hal itu benar atau tidak. Tetapi, untuk memastikan hal itu, kasih tahu kamilah. Kalau tidak percaya dengan kami, kasih tahu ke polisi dan buka di sana. Kan bisa buka di Polda Metro Jaya,” tutur Iwan Bule.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya