Sepakbola Vietnam Diguncang Pengaturan Skor, 5 Pemain Dihukum Seumur Hidup

klub Ba Ria Vung Tau FC
Sumber :
  • Ba Ria Vung Tau FC

VIVA – Federasi Sepakbola Vietnam memberi sanksi terhadap lima pemain klub Ba Ria Vung Tau FC (BRVT) larangan seumur hidup karena pengaturan skor dalam pertandingan.

5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Lima pemain yang terkena sanksi adalah Tran Ky Anh, 20, Nguyen Son Hai, 30, Le Bang Gia Huy, 22, Nguyen Quang Huy, 20, dan Pham Van Phong, 20.

Polisi Provinsi Ba Ria-Vung Tau membuka penyelidikan kriminal terhadap kelima orang tersebut pada 1 Februari karena berjudi. 

Peluk Pratama Arhan Usai Indonesia Kalahkan Korsel, Azizah Salsha: Super Proud!

Pihak berwenang terus memperluas kasus ini untuk mengklarifikasi tanda-tanda kriminal lainnya. Menyusul kejadian tersebut, BRVT memutuskan kontrak dengan kelima pemain tersebut.

Berdasarkan penelusuran awal, pada laga BRVT kontra Da Nang di Stadion Ba Ria pada 24 Desember 2023, kelima pemain starter ini sepakat untuk tampil underperform secara bersama-sama. Sebelumnya, mereka telah memasang taruhan pada tim lawan untuk memenangkan pertandingan. Alhasil, klub mereka kalah 1-3.

Kecuali Indonesia, Wakil ASEAN Terseok-seok di Piala Asia U-23: Vietnam Babak Belur

BRVT didirikan pada tahun 1991 tetapi dibubarkan pada tahun 1997. Pada tahun 2006, Komite Rakyat provinsi menyetujui proyek untuk merevitalisasi klub agar dapat bermain di divisi tiga. 

Pada tahun 2010, klub ini dipromosikan ke divisi dua namun dibubarkan kembali pada tahun 2012. Lima tahun kemudian, tim ini kembali dibentuk dan dipertandingkan dari divisi tiga, kemudian naik ke divisi dua pada tahun 2018 dan ke divisi satu pada tahun 2020. .

Sepak bola Vietnam telah menyaksikan beberapa insiden pengaturan pertandingan seperti ketika Nguyen Quoc Vuong dan rekan satu timnya terlibat dalam pengaturan pertandingan di SEA Games 2005.

Juga di musim divisi pertama ini, Dong Nai memutuskan kontrak dengan empat pemain karena berkinerja buruk dalam kekalahan 0-4 melawan BRVT.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya