Eric Ramsay Tinggalkan Manchester United dan Jadi Pelatih di Minnesota United

Pelatih Eric Ramsay
Sumber :
  • X @mufcMPB

AMERIKA SERIKAT -  Pelatih Eric Ramsay telah resmi meninggalkan Manchester United untuk menjadi pelatih baru tim MLS Minnesota United. Minnesota mengonfirmasi pada hari Senin melalui postingan di X.

Pelatih PSIS Yakin Adi Satryo Bisa Jadi Kiper Utama Timnas Indonesia

Klub telah mengumumkan Eric Ramsay sebagai pelatih kepala kedua dalam sejarah Major League Soccer Minnesota United. Ramsay bergabung dengan klub dari Manchester United, di mana ia menjabat sebagai pelatih tim utama di bawah manajer saat ini Erik ten Hag,” isi postingan itu di X.

Pelatih Eric Ramsay

Photo :
  • X @ManUtd
Wejangan Pelatih Masa Kecil Pratama Arhan Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan

Pemain berusia 32 tahun itu adalah salah satu pelatih dengan rating tertinggi di United, yang memberikan pukulan telak bagi Setan Merah dan investor miliarder baru Jim Ratcliffe. 

Ramsay telah menerima minat dari Swansea dan ditawari peran manajerial di Blackpool dalam dua bulan terakhir, sesuatu yang dia tolak setelah Ten Hag menyatakan keinginannya agar dia tetap tinggal.

Xavi Hernandez Beber Alasan Bertahan di Barcelona

United mengklaim mereka akan sangat sedih melihat Ramsay pergi tetapi tidak menghalanginya, dan Minnesota akhirnya menoleh. Ramsay sekarang menjadi pelatih kepala termuda dalam sejarah MLS, tetapi meninggalkan United hanya beberapa hari sebelum mereka menghadapi rival Manchester City di Liga Premier.

“Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan klub dengan budaya sepak bola yang kuat, basis penggemar yang fanatik, dan infrastruktur yang cemerlang. Saya telah berbicara dengan banyak staf klub selama proses berlangsung dan Anda pasti merasakan semangat semua orang untuk memajukan klub,” kata Ramsay, dikutip dari Mirror, Selasa, 27 Februari 2024.

“Ada jalan yang sangat menarik untuk masa depan klub dan saya tak sabar untuk memainkan peran saya dalam mewujudkan visi tersebut. Saya berterima kasih kepada klub karena menaruh kepercayaannya kepada saya dan saya berharap ini menjadi awal dari periode sukses lainnya bagi semua orang terhubung dengan Minnesota United,” imbuhnya.

Pelatih Eric Ramsay

Photo :
  • X @UtdDistrict

Ramsay diidentifikasi sebagai target utama Minnesota setelah "pencarian ekstensif" oleh klub untuk manajer baru mereka. Tim MLS tertarik untuk mendapatkan orang yang tepat untuk pekerjaan itu, mereka memulai musim 2024 yang dimulai di Minnesota pada hari Sabtu tanpa pelatih kepala.

Tim berhasil menang 2-1 saat bertandang ke Austin FC, memberi Ramsay kemenangan untuk memulai pertandingan pertamanya sebagai pelatih kepala. 

Ramsay mungkin baru berusia 32 tahun, tetapi dia telah menjadi pelatih sejak dia mulai memimpin tim universitasnya bersama manajer Ipswich Town saat ini, Kieran McKenna.

Setelah lulus dengan gelar di bidang Ilmu Olah Raga, Ramsay menghabiskan hampir empat tahun sebagai Pelatih Fase Pengembangan Profesional Utama di Swansea City, yang saat itu berada di Liga Premier. 

Dia kemudian menjadi manajer akademi di Shrewsbury Town pada tahun 2017, kemudian menjadi manajer sementara tim utama dan kemudian pelatih tim utama.

Ramsay kemudian melanjutkan perkembangannya dengan bergabung dengan Chelsea pada tahun 2019, menjadi pelatih U-23 dan pelatih Inggris termuda yang meraih Lisensi Pro UEFA. 

Dia pindah ke United pada tahun 2021 sebagai pelatih pengembangan pemain dan bola mati di bawah mantan manajer Ole Gunnar Solskjaer.

Setelah mendapatkan gelarnya, ia menjadi bagian penting dari pelatihan mereka di bawah Ralf Rangnick dan kemudian Ten Hag. Ramsay juga fasih berbahasa Prancis dan Spanyol, dan membantu berbagai pemain baru seperti Casemiro beradaptasi di Manchester.

Selama berada di United, Ramsay juga bergabung dengan tim nasional Wales sebagai asisten pelatih dan mendapat ulasan cemerlang dari manajer Rob Page. 

“Eric bisa dibilang salah satu pelatih muda terbaik di sepakbola saat ini,” kata Rob Page pada tahun 2023 setelah Ramsay tiba.

Ramsay meninggalkan perannya di Wales setelah enam bulan untuk fokus pada Manchester United dan keluarga mudanya, meskipun mereka sekarang akan pindah ke Amerika Serikat untuk memulai babak baru. 

Minnesota akan menjamu Columbus Crew pada 2 Maret, namun kemungkinan besar Ramsay tidak akan berada di bangku cadangan hingga 9 Maret saat mereka bertandang ke Orlando City.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya