Lepas Timnas Wanita, Ketum PSSI Singgung Totalitas di Piala AFF

PSSI melepas Timnas Wanita Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, secara resmi melepas skuad dan ofisial Timnas Wanita Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia Wanita 2022 di India. Seremoni ini dilakukan di salah satu hotel di Jakarta, Minggu 16 Januari 2022.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Dalam sambutannya, Iriawan mengaku sangat bangga dengan pencapaian Garuda Pertiwi yang sukses mencatatkan sejarah dengan menembus Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 33 tahun. Terakhir kali Timnas Wanita Indonesia tampil di pentas Asia pada edisi 1989.

Maka itu, mantan Kapolda Metro Jaya tersebut sangat berharap Zahra Muzdalifah cs tak menyia-nyiakan kesempatan dan menunjukkan kemampuan terbaiknya meski berada satu grup dengan tim-tim kuat seperti Australia, Thailand, dan Filipina.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Dia yakin, dengan semangat yang tinggi, pasukan Rudy Eka Priyambada cs bisa meraih hasil optimal.

Timnas wanita Indonesia rayakan gol melawan Singapura.

Photo :
  • https://www.pssi.org/
Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mencontohkan perjuangan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 silam. Dari yang awalnya diremehkan hingga bisa membuat kejutan dengan menembus final. Meski harus puas dengan status runner up.

"Ini pertandingan sebenarnya di Piala Asia. Tentunya ini jadi sebuah harapan tinggi bagi PSSI dan rakyat Indonesia. Kita tahu bahwa hampir 33 tahun kita gak pernah berkiprah di Piala Asia tapi sekarang Alhamdulillah ini kesempatan luar biasa yang harus kalian manfaatkan," kata pria 59 tahun dalam sambutannya jelang melepas keberangkatan Timnas Wanita Indonesia.

"Seperti kemarin tim senior di Piala AFF tetap membanggakan walaupun runner up. Kenapa bangga? Karena hampir setahun 8 bulan gak bergulir kompetisi. Dan seperti yang saya baca, semusim kompetisi gak bergulir, satu generasi hilang. Tapi, mereka bisa tampil luar biasa dan meraih runner up," tambahnya.

Bomber Timnas Wanita Indonesia, Zahra Muzdalifah.

Photo :
  • pssi.org

Lebih lanjut, Iriawan juga menegaskan jika para penggawa Garuda Pertiwi harus menunjukkan totalitas dalam bermain. Terlepas apapun hasilnya yang didapat nanti.

"Kalian berangkat ke India bukan liburan. Kalian akan mewakili Merah Putih. Mungkin jadi impian pesepakbola lain bisa membela timnas. Jadi, apapun hasilnya harus dimaksimalkan. Kita tahu seperti apa tim yang bermain dengan totalitas," jelas Iriawan.

Piala Asia Wanita 2022 akan dihelat pada 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Terdapat 12 tim yang akan bertanding berebut gelar juara.

Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Australia, Filipina, dan Thailand.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya