Tekad Baja Timnas Indonesia Hadapi Australia yang Bertabur Bintang

Kapten Timnas Wanita Indonesia, Ade Mustikiana Oktafiani
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Kapten Timnas Wanita Indonesia, Ade Mustikiana Oktafiani, mengaku tak gentar dan justru semakin termotivasi ketika mengetahui bakal menghadapi Timnas Australia yang dihuni banyak pemain yang merumput di Eropa. Salah satunya adalah Samantha Kerr.

Satoru Mochizuki Ungkap Kriteria untuk Pemain Timnas Indonesia Wanita U-17

Sam Kerr merupakan bintang The Matildas yang dipastikan tampil di Piala Asia Wanita 2022. Penyerang 28 tahun itu saat ini membela Chelsea.

Dia merupakan salah satu andalan di skuad The Blues. Bahkan, torehan golnya sangat impresif. Bergabung sejak 2019, dia sudah mengemas 45 gol dari 62 pertandingan.

Daftar Pemain yang Ikut Seleksi Tim U-17 Wanita Indonesia

Meski begitu, Ade merasa kehadiran Sam Kerr di Timnas Australia membuatnya semakin tertantang membuktikan kualitas diri. Dia pun sudah menyiapkan fisik dan mental guna berduel dengan Sam Kerr dikarenakan dia beroperasi di sektor pertahanan.

Timnas Wanita Indonesia melakukan latihan

Photo :
  • PSSI rilis
Markas Bali United Jadi Opsi Pemusatan Latihan Tim Wanita Indonesia U-17

"Kami semua tahu Sam Kerr dan itu (kehadirannya) menjadikan motivasi kami dan bagi saya sendiri. Karena ini jadi pengalaman berharga bisa menghadapi lawan sepertinya," kata Ade dalam konferensi pers virtual, Rabu 19 Januari 2022.

"Semoga saya bisa memberikan yang terbaik di pertandingan besok," lanjut dia.

Lebih lanjut, Ade juga berharap kembalinya Timnas Wanita Indonesia di Piala Asia Wanita setelah 33 tahun tak hanya sekadar numpang lewat. Dia akan berjuang memberi yang terbaik agar Garuda Pertiwi bisa melangkah jauh di turnamen ini.

"Saya sangat bangga dan menjadi motivasi tersendiri karena kami kembali berpartipasi di Piala Asia. Semoga tim ini bisa memberikan yang terbaik dan semoga kami bisa mendapat hasil yang terbaik bagi Indonesia," harapnya.

Timnas wanita Indonesia rayakan gol melawan Singapura.

Photo :
  • https://www.pssi.org/

Selain Sam Kerr, Australia masih memiliki Caitlin Foord (Arsenal WFC), Emily Gielnik (Aston Villa), Hayley Raso (Manchester City), dan Kyah Simon (Tottenham Hotspur). Selain itu, ada Ellie Carpenter (Olympique Lyon) dan Mary Fowler (Montpellier) yang bermain di kompetisi Divisi 1 Feminine atau Liga Prancis wanita.

Piala Asia Wanita 2022 dihelat di India mulai 20 Januari hingga 6 Februari 2022. Timnas Wanita Indonesia tergabung di Grup B bersama Australia, Thailand, dan Filipina. Dua tim teratas di masing-masing grup berhak lolos ke fase knockout.

Maka itu, Garuda Pertiwi setidaknya harus bisa finis sebagai runner up grup. Atau mencari jalur alternatif sebagai peringkat tiga terbaik.

Sebab, lima kontestan terbaik akan mendapat tiket untuk lolos langsung ke Piala Dunia 2023 yang digelar di Australia dan Selandia Baru. Bahkan, jika tuan rumah termasuk ke dalam lima negara tersebut, jatah peserta melalui jalur Piala Asia akan ditambah menjadi enam tim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya