Thomas Doll Bertekad Hapus Kutukan Pelatih Eropa di Persija

Thomas Doll resmi jadi pelatih Persija Jakarta.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pelatih anyar Persija Jakarta, Thomas Doll, bertekad untuk menghapus kutukan pelatih Eropa ketika menangani Macan Kemayoran. Dia percaya dengan gaya melatihnya bisa membawa Persija menuju kesuksesan.

Persib Bandung Jaga Kebugaran Jelang Tantang Bali United di Championship Series

Arsitek asal Jerman itu didatangkan pada awal musim ini dan akan bertugas selama tiga musim ke depan bersama Macan Kemayoran. 

Dalam sejarahnya, Doll merupakan pelatih Persija kedelapan yang berasal dari Benua Biru. Sebelumnya, sudah ada Albert Fafie (Belanda), Ivan Kolev, (Bulgaria), Atanas Georgiev (Bulgaria), Arcan Iurie (Moldova), Sergei Dubrovin (Moldova), Julio Banuelos (Spanyol), dan Angelo Alessio (Italia).

Ditunjuk Jadi Pelatih PSIM Yogyakarta, Seto Nurdiantoro: Seperti Kembali ke Rumah

Sayangnya, tak ada satu pun yang bisa mengantarkan Persija meraih kejayaan. Dua nama terakhir bahkan didepak saat kompetisi Liga 1 masih di tengah jalan.

Mengetahui stigma tersebut, Doll merasa optimistis bisa menghentikan catatan buruk yang selama ini terjadi. Dia percaya diri bisa mengembalikan Persija ke papan atas Liga 1 dan berlaga di kompetisi Asia.

Resmi, Jadwal Babak Championship Series Liga 1 2023/24

Tapi, sebelum itu, dia ingin lebih dulu menguatkan fondasi Persija sebelum bersaing di tangga juara Liga 1.

"Ya, ini kabar yang tidak baik bagi saya, tapi tentu saja tiap pelatih berbeda. Butuh waktu bagi saya dan saya juga ingin mengembalikan tim ini ke kualifikasi Liga Champions Asia," ujar Thomas Doll dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Jumat 29 April 2022.

"Perlu diingat juga saya punya gaya sendiri dan saya adalah orang yang positif dan saya tahu sepakbola seperti apa yang ingin saya mainkan. Saya ingin membentuk tim mental yang kuat, sehingga saya juga memberi tekanan kepada diri saya sendiri," tegasnya,

Kepercayaan diri Thomas Doll dalam mewujudkan target itu juga meningkat lantaran banyaknya perubahan yang akan dilakukan Persija menuju kompetisi musim depan.

Di antaranya perekrutan pemain dan staff pelatih yang baru. Termasuk, rencana menggunakan Jakarta International Stadium (JIS) sebagai kandang di musim depan.

"Musim ini adalah momen yang tepat untuk mewujudkan itu, dengan stadion baru yang bagus (JIS)," kata eks juru taktik APOEL FC.

"Dengan persiapan yang baik, ditambah banyak pemain baru yang datang, 22 sampai 23 pemain akan ada di tim," jelas dia.

Thomas Doll dikontrak Persija untuk mengarungi musim baru 2022/23. Dia diikat selama tiga tahun dan akan berperan sebagai pelatih sekaligus manajer.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya