INFOGRAFIK: Sepakbola Gajah

Sepakbola Gajah
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA Bola – Sepakbola gajah baru saja dipertontonkan Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19 demi menyingkirkan tuan rumah Indonesia. Laga sepakbola yang seperti diatur, tak serius dan mencederai fair play demi keuntungan beberapa tim ini telah terjadi beberapa kali.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Kisah Sepakbola Gajah

21 Februari 1988 - Persebaya Surabaya kalah 0-12 dari Persipura Jayapura di laga grup Wilayah Timur Kompetisi Perserikatan Divisi Utama 1987-88. Persebaya ingin menyingkirkan PSIS Semarang agar tak lolos ke babak 6 Besar. Persebaya sukses karena berhasil menjadi juara. PSSI tak menjatuhkan sanksi karena belum ada regulasi yang mengatur hal ini.

PSSI Aceh Angkat Bicara soal Tudingan Sepakbola Gajah di PON XX Papua

31 Agustus 1998 - Indonesia mengalah 2-3 dari Thailand lewat gol bunuh diri Mursyid Efendi di laga grup Piala AFF (dulu Piala Tiger). Indonesia dan Thailand tak bermain serius demi menghindari tuan rumah Vietnam di semifinal. PSSI dan Federasi Sepakbola Thailand didenda 40 ribu dolar AS. FIFA menghukum Mursyid tak boleh tampil di laga internasional seumur hidup. PSSI juga memberi skorsing setahun.

Video Dugaan Sepakbola Gajah di PON XX Papua yang Bikin Heboh

26 Oktober 2014 - PSS Sleman vs PSIS Semarang 3-2 di laga grup Babak 8 Besar Divisi Utama 2014. 5 gol tercipta lewat skema bunuh diri karena kedua tim tak mau jadi juara grup dan bersua Pusamania Borneo di semifinal.

PSIS & PSS didiskualifikasi dan digantikan PSGC Ciamis dan Persiwa Wamena di semifinal. Total, 50 pemain dari kedua tim disanksi Komisi Disiplin PSSI tak boleh berkiprah di sepakbola Indonesia seumur hidup. Pada 2017, 23 pemain termasuk pelatih PSS, Herry Kriswanto, divonis bebas.  

10 Juli 2022 - Thailand vs Vietnam 1-1 di Piala AFF U-19 2022. Regulasi AFF dengan sistem head to head membuat kedua tim lolos ke semifinal dengan hasil itu meski punya poin sama 11 dengan Indonesia. Padahal, Indonesia unggul selisih gol 15 dibanding Vietnam (9) dan Thailand (6).

Thailand dan Vietnam diduga memainkan sepakbola gajah setelah skor 1-1 di menit 76. Pemain Vietnam enggan menyerang lagi dan Thailand hanya menunggu, tak melakukan pressing.

PSSI telah melayangkan protes ke AFF dan akan mengadukan sepakbola gajah ini ke AFC dan FIFA.

Berikut infografik kisah sepakbola gajah:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya