Rencana Besar STY di Balik Keputusan Rotasi Pemain Vs Hong Kong

Hokky Caraka, Striker Timnas Indonesia U-19
Sumber :
  • PSSI

VIVA Bola – Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, membuat keputusan mengejutkan dengan mengganti hampir seluruh pemain yang menjadi starter di laga perdana Grup F Kualifikasi Piala Asian U-20 2023 saat melawan Timnas Hong Kong, Jumat 16 September 2022.

Tak Ada VAR, Indonesia U-23 Vs Guinea U-23 Berakhir Kontroversial

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 pemain dirotasi untuk menjalani duel yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo itu.

Salah satunya termasuk sang top skor sementara, Hokky Caraka, yang juga dicadangkan.

Indonesia U-23 Belum Berhasil ke Olimpiade, Shin Tae-yong Diusir Wasit

Laga Timnas Indonesia U-20 vs Timor Leste

Photo :
  • persija.id

Ternyata, pelatih asal Korea Selatan itu memiliki rencana besar dengan merotasi para pemain tersebut. Pasalnya, dia ingin tim asuhannya berada dalam kondisi prima ketika menghadapi Timnas Vietnam, Minggu 18 September 2022.

Susunan Pemain Indonesia U-23 Vs Guinea U-23

Sebab, duel melawan The Golden Star bakal sangat menentukan. Pasalnya, yang berhak lolos langsung ke putaran final dari masing-masing grup hanya satu, yang menjadi juara grup.

Saat ini, Indonesia dan Vietnam sama-sama mengumpulkan enam poin dengan jumlah selisih gol sama. Indonesia berada di puncak lantaran unggul poin kedisiplinan atas Vietnam.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Photo :
  • AP Photo/Suhaimi Abdullah

"Vietnam jelas berbeda dengan dua tim lawan kami sebelumnya, dari kualitas operan dan mobilitasnya beda jauh. Jadi, kami harus mempersiapkan dengan baik agar kami bisa menang," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

Kendati demikian, Shin Tae-yong enggan memaparkan lebih lanjut apa yang akan jadi strateginya melawan Vietnam selain melakukan penyegaran melalui rotasi pemain. Dia sangat berhati-hati agar taktiknya tak terbaca lawan.

"Melawan Vietnam pasti berusaha untuk menang. Tapi, saya gak bisa bicara apa pun soal vietnam karena sama saja memberi tahu soal taktik kita pada lawan," ungkap dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya