Usai Temui Menpora, PPKGBK Komitmen Fokus Siapkan SUGBK untuk Piala Dunia U-20 2023

Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA Bola – Persoalan penggunaan Stadion Utama Gelora Bung Karno membuat Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) bergerak cepat mencari solusi. Mereka pun menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali guna menemukan titik terang.

Nasib Tragis Inter Milan di Tangan Suning Group, Erick Thohir Jadi Sorotan

Direktur Utama PPKGBK, Rakhmadi Afif Kusumo, bersama dengan jajarannya menemui Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu 9 November 2022. Mereka melakukan pertemuan tertutup untuk membahas persoalan penggunaan SUGBK sebelum Piala Dunia U-20 2023 bergulir.

Usai pertemuan, Rakhmadi menjelaskan jika pihaknya kini akan fokus mempersiapkan perhelatan akbar tersebut lantaran merupakan sebuah kebanggaan bagi bangsa Indonesia bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan berjanji akan maksimal.

Tak Dipanggil Timnas Indonesia, Marc Klok Fokus Ingin Bawa Persib Juara Liga 1 2023-2024

"Sebagai organisasi sepakbola terbesar di dunia, FIFA sudah memberikan kepercayaan dan amanah (untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023). Itu menjadi kebanggaan. Jadi kami fokus dahulu ke agenda utama yaitu Piala Dunia U-20," ujar Rakhmadi kepada wartawan.

Pernyataan tersebut sekaligus membuat sejumlah agenda yang rencananya bakal digelar di SUGBK kembali diragukan. Pasalnya, pihak PPKGBK belum memberikan izin untuk acara-acara lain di SUGBK sebelum Piala Dunia U-20 2023.

Pesan Firman Utina untuk Bos Borneo FC Usai Gagal ke Final Championship Series Liga 1 2023-2024

Beberapa di antaranya adalah konser Raisa yang rencananya digelar pada 25 Februari 2023. Dan yang paling heboh adalah konser girlband Korea Selatan, Blackpink, pada 11-12 Maret 2023.

Termasuk untuk Piala AFF 2022 yang bakal dihelat Desember mendatang. Rakhmadi menjelaskan pihaknya bakal segera berkoordinasi dengan FIFA terkait penggunaan SUGBK.

Sebab, seluruh kegiatan yang sedianya dilakukan di SUGBK sebelum Piala Dunia U-20 2023 harus sesuai dengan persetujuan FIFA.

"Kami akan berkoordinasi dengan FIFA bersama Kemenpora. Kami menunggu secara tertulis dari FIFA apakah memperbolehkan atau tidak. Arahan dari Pak Menpora, kami harus memastikan lebih dahulu hal tersebut sehingga kami dalam posisi menunggu dan juga mempersiapkan yang terbaik," kata Rakhmadi.

Adapun Piala AFF 2022 digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023.

Tim nasional Indonesia berada dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya