Besok, Jordi Amat dan Sandy Walsh Disumpah WNI Tidak Secara Virtual

Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat & Sandy Walsh pakai batik
Sumber :
  • pssi.org

VIVA Bola – Sekretaris jenderal PSSI, Yunus Nusi, mengatakan bahwa proses pengambilan sumpah sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) bagi Jordi Amat dan Sandy Walsh tidak akan digelar secara virtual. Yunus memastikan, pengambilan sumpah Jordi dan Sandy secara langsung, pada Kamis 17 November 2022.

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Yunus menerangkan, pengambilan sumpah akan digelar di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Jakarta. Namun, Yunus tidak menjelaskan secara detail apakah Jordi dan Sandy sudah berada di Indonesia.

Pemain baru JDT, Jordi Amat

Photo :
  • Instagram JDT
5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

"Prosesi pengambilan sumpah secara langsung, di Kanwil Kemenkumham, MT Haryono, Jakarta," ujar Yunus saat dihubungi wartawan, Rabu 16 November 2022.

Proses naturalisasi Jordi dan Sandy untuk menjadi WNI memang sangat pelik. Bahkan, keduanya harus menjalani beberapa rangkaian proses.

Pesan KBRI Doha untuk Suporter Jelang Timnas Indonesia U-23 Vs Irak

Naturalisasi keduanya diawali wawancara di Badan Intelejen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan di sebuah rumah sakit di Jakarta. Mereka juga harus menghadap ke DPR sebelum mendapatkan rekomendasi dari Komisi III dan Komisi XI.

Kemudian terakhir, di tanggal 9 November 2022, surat keputusan Presiden RI telah diteken Joko Widodo. Keppres atas nama Sandy bernomor lima (5) sedangkan Jordi dengan nomor enam (6). 

Keppres tersebut telah diserahkan ke Menpora Zainudin Amali dan Kemenkumham Yasonna Hamonangan Laoly untuk ditindaklanjuti. Kemudian, pengambilan sumpah pun bisa dilakukan.

Peluang keduanya untuk bermain bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 pun kian membesar. Pasalnya, jika sudah disumpah sebelum 20 November 2022, tak menutup kemungkinan keduanya dibawa oleh Shin Tae-yong ke Piala AFF 2022.

Sandy Walsh mengibarkan bendera Merah Putih.

Photo :
  • instagram.com/sandywalsh/

Piala AFF 2022 bakal bergulir 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A bersama Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Namun, Piala AFF di luar agenda FIFA. Sehingga ada peluang klub Jordi Amat dan Sandy Walsh tidak mau melepasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya