Jelang Indonesia U-23 Vs Irak U-23, Shin Tae-yong 'Sentil' AFC

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

Qatar – Shin Tae-yong menyentil Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) jelang pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 antara Indonesia U-23 vs Irak U-23 di Abdullah Bin Khalifa, Doha, Qatar pada Kamis malam WIB 2 Mei 2024.

Kata Kapten Timnas Indonesia U-23 Usai Gagal Lolos Olimpiade 2024

Juru taktik asal Korea Selatan tersebut masih belum bisa menerima sepenuhnya kepemimpinan wasit saat Indonesia U-23 kalah dari Uzbekistan U-23 di babak semifinal. Wasit Shen Yinhao asal China yang memimpin jalannya laga memang membuat Shin Tae-yong protes dan berbuah kartu kuning.

Karena menurut Shin Tae-yong, kepemimpinan wasit ini akan jadi krusial bagi jalannya pertandingan. Anak asuhnya yang kerap dirugikan bisa jadi bermain tidak maksimal karenanya.

Timnas Indonesia Gagal ke Olimpiade Paris 2024, AFC: Akhir yang Memilukan

"Di laga semifinal, masih banyak yang saya pikirkan, para pemain sudah main bagus, tapi ada beberapa situasi, terutama karena peluit wasit, takdir laga bisa berubah, jadi itu sulit juga bagi saya dan tim saya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan.

Indonesia U-23 vs Uzbekistan U-23

Photo :
  • PSSI
Ini Netizen Indonesia yang Rasis ke Guinea Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Lolos Olimpiade

Shin Tae-yong meminta AFC untuk berbenah soal wasit demi perkembangan sepakbola ke depan. Dia ingin tak ada pandang bulu dan AFC selalu berada di posisi netral kepada setiap tim.

"Di masa depan, jika AFC ingin mengembangkan sepakbolanya, harus ada rasa hormat yang mereka berikan rata kepada semua tim dan pemain, AFC harus netral pada semua tim, saling menghormati," tuturnya.

Bukan tanpa alasan mantan pelatih Timnas Korea Selatan menyentil AFC. Dia mengaku sudah melihat rekaman video pertandingan berulang kali, dan keputusan wasit ada yang mengganjal. 

"Saya juga melihat lagi video ulang laga beberapa kali, dan berdasarkan pengalaman saya jadi pelatih, intinya saya hanya ingin minta AFC nbisa menghormati semua tim di Asia, sehingga tim yang bertanding bisa saling respek juga," ujar Shin Tae-yong.

Menghadapi Irak U-23 akan jadi sangat penting bagi Indonesia U-23. Kemenangan akan membawa Garuda Muda lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Harapan Shin Tae-yong, AFC mendorong perbaikan kualitas wasit.

"Soal lawan Irak, ini adalah laga perebutan tempat ketiga, semua tim tentu akan melakukan yang terbaik dan saya harap semoga AFC menolong kami, agar laga ini bisa berjalan bagus," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya