Timnas Indonesia Belum Bisa Daftarkan Shayne Pattynama ke Piala AFF 2022

Shayne Pattynama
Sumber :
  • Instagram

VIVA Bola – Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, menjelaskan bahwa calon pemain naturalisasi asal Belanda, Shayne Pattynama, belum bisa didaftarkan ke Piala AFF 2022. Sebab, proses naturalisasinya belum tuntas.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Menurut sosok yang karib disapa Iwan Bule itu, naturalisasi Shayne diprediksi belum selesai sampai batas akhir pendaftaran pemain dalam jumlah besar (maksimal 70 nama) untuk Piala AFF 2022 yakni pada 20 November 2022.

Iwan Bule.

Photo :
  • vstory
Iwan Bule Bingung Usai Timnas Indonesia U-23 ke Babak 8 Besar : Itu Shin Tae-yong atau Pep Guardiola

"Shayne belum, baru Sandy Walsh dan Jordi Amat," ujar Iwan Bule saat ditemui wartawan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jakarta Timur, Kamis 17 November 2022.

Shayne, bek sayap berusia 24 tahun yang memperkuat klub Liga Norwegia, Viking FC, diketahui baru mendapatkan persetujuan untuk berganti kewarganegaraan menjadi WNI dari DPR RI pada Kamis 17 November 2022, melalui rapat paripurna.

WNI di Qom: Iran Malah Menunggu-nunggu Serangan Balasan Israel, Rakyatnya Tidak Takut

Setelah itu, Shayne masih harus menunggu surat Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia yang menyatakan bahwa Pemerintah Indonesia menyepakati pemberian WNI untuk dirinya.

Kemudian, jika Keppres sudah terbut, Shayne harus mengucapkan sumpah setia sebagai WNI di Kemenkumham.

Jika dibandingkan, Jordi Amat dan Sandy Walsh membutuhkan waktu nyaris dua bulan dari persetujuan rapat paripurna DPR RI (20 September 2022) ke proses menyatakan sumpah sebagai WNI (17 November 2022).

Akan tetapi, ketika sudah menjadi WNI pun, baik Shayne, Sandy, dan Jordi tidak bisa langsung membela Timnas Indonesia sebelum mengurus perpindahan federasi asal mereka ke PSSI.

Sementara itu, Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022 - 16 Januari 2023. Pada turnamen tersebut, Timnas Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya