UEFA: Kami Tahu Sepakbola Indonesia dalam Masa Sulit

Kolaborasi UEFA dan PSSI
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Konfederasi sepakbola Eropa hadir ke Indonesia untuk membantu pengembangan liga dan workshop peningkatan kapasitas klub.

5 Pemain Timnas Indonesia, Dulu Populer Kini Terlupakan

Program ini bertajuk League Development Program (LDP) dan diselenggarakan pada 19-22 November di Hotel Century, Jakarta.

Program ini diikuti oleh perwakilan seluruh klub Liga 1 2022/2023, PSSI dan PT LIB. Tiga perwakilan UEFA yakni Eva Pasquier (Head of International Relations UEFA), Stuart Robert Larman (UEFA Assist Expert), dan Kenny MacLeod (UEFA Assist Expert).

Alasan Cerezo Osaka Tolak Lepas Justin Hubner ke Indonesia U-23

Berbagai topik di workshop peningkatan kapasitas klub diberikan seperti tata kelola operasional dan bissais klub, pengembangan teknik, manajemen keuangan, brand klub serta komunikasi fans, operasional hari pertandingan serta manajemen venue, dan perencanaan operasional.

Eva Pasquier mengatakan program LDP adalah salah satu program yang ditawarkan oleh UEFA. Program ini adalah tentang bagaimana mengembangkan klub, memberi mereka alat dan wewenang untuk menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien dan lebih profesional.

Elkan Baggott Dipastikan Tak Gabung Indonesia U-23

Eva Pasquier mengakui, sepakbola adalah olahraga yang paling populer dan sangat kuat di Indonesia. Namun, saat ini sepakbola Indoensia dalam masa-masa sulit.

"Kita tahu bahwa sepakbola adalah olahraga yang paling populer dan sangat kuat, semua orang menyukai sepakbola. Namun sepak bola Indonesia mengalami masa-masa sulit dalam lima tahun terakhir," kata Eva.

"Mulai dari pembekuan Federasi, kemudian covid-19 melanda, dan baru-baru ini tragedi Kanjuruhan yang terjadi bulan lalu," sambungnya.

Namun,Eva percaya bahwa masa sulit ini akan segera berakhir dan sepakbola Indonesia bisa lebih maju dan berkualitas ke depannya.

"Tapi kami percaya bahwa dengan kekuatan dan kecintaan negara Indonesia pada sepakbola, serta usaha federasi dan klub untuk mengatasi kesulitan tersebut,"ucapnya.

"Sepak bola Indonesia akan kembali lagi ke tempatnya semula, yaitu di atas,” ujarnya, menambahkan.

Sementara itu, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono mengatakan bahwa acara ini sangat bagus dan bermanfaat bagi klub.

“Program yang diinisiasi oleh PSSI bekerja sama dengan UEFA ini benar-benar merefresh knowledge atau pengetahuan mengenai modul-modul yang dijelaskan oleh UEFA dan ini sangat berguna untuk pengembangan klub profesional di Indonesia,” kata Teddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya