5 Kemenangan Besar Timnas Indonesia di Piala AFF, No 5 Paling Mengerikan

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Abimanyu
Sumber :
  • Twitter PSSI

VIVA Bola - Timnas Indonesia Tampil gemilang di Piala AFF 2022 pada laga perdana skuad asuhan Shin Tae-yong berhasil mencuri poin sempurna di Grup A.

Jelang Indonesia U-23 Vs Irak U-23, Shin Tae-yong 'Sentil' AFC

Kini di laga kedua, Rachmat Irianto dan kawan-kawan berhasil membantai Brunei Darussalam dengan skor menyakinkan yaitu 7-0. Berikut beberapa kemenenangn besar Timnas Indonesia di ajangan Piala AFF, seperti dilansir berbagai sumber, sebagai berikut:

1. Laos vs Timnas Indonesia 0-6 (Piala AFF 2004)

Piala Asia Wanita U-17 Segera Dimulai di Pulau Dewata, Gratis Buat yang Mau Nonton

Indonesia - Oman : Boas Salossa

Photo :
  • ANTARA/Andika Wahyu

Timnas Indonesia berhasil membantai Laos dengan skor 6-0. Hal tersebut terjadi pada Piala AFF 2004, di mana Skuad Garuda masih diperkuat nama-nama seperti Boaz Solossa, Bambang Pamungkas dan Kurniawan Dwi Yulianto.

5 Potret Keharmonisan Keluarga Shin Tae-yong dan Istri Cantiknya yang Bak Artis Korea

Keenama gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan Boaz Solossa (25’, 52’), Ilham Jaya Kesuma (28’, 33’), Elie Aiboy (60’) dan Kurniawan Dwi Yulianto (86’). Namun pada gelaran tersebut, Timnas Indonesia harus tumbang atas Singapura di laga final.

2. Laos vs Timnas Indonesia 0-6 (Piala AFF 2010)

Pemain Timnas Indonesia, Irfan Bachdim, merayakan gol

Photo :
  • Instagram/@PSSI__FAI

Lagi-lagi Laos menjadi korban keganasan Timnas Indonesia setelah berhasil pesta gol dengan skor 6-0. Hal itu terjadi pada gelaran Piala AFF 2010.

Keenam gol Timnas Indonesia masing-masing ditorehkan  Firman Utina (26’, 51’), Muhammad Ridwan (33’), Irfan Bachdim (63’), Arif Suyono (77’), dan Oktovianus Maniani (82’). Namun sayang pada gelaran tahun tersebut, Timnas Indonesia lag-lagi kalah di babak final oleh Malaysia.

3. Brunei vs Timnas Indonesia 0-7 (Piala AFF 2022)

Duel Brunei vs Timnas Indonesia 0-7

Photo :
  • Twitter: PSSI

Paling terbaru, Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan besar saat menghadapi Brunei Darussalam dengan skor 7-0. Masing-masing gol ditorehkan Syahrian Abimanyu (20') Dendy Sulistyawan (41'), Egy Maulana Vikri (59'), Ilija Spasojevic (60'), Ramadhan Sananta (68') Marc Klok (86') dan Yakob Sayuri (90+2').

Pada Piala AFF 2022, Timnas Indonesia berharap bisa meraih trofi tersebut untuk yang pertama kalinya. Selain itu, kemenangan tersebut membuat skuad asuhan Shin Tae-yong berada dipuncak klasemen Grup A dengan enam poin dan berharap kemenangan selanjutnya saat menghadapi Thailand.

4. Timnas Indonesia vs Kamboja 8-0 (Piala AFF 2004)

Bomber legendaris timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto

Photo :
  • foxsportsasia.com

Setelah sebelumnya berhasil meratakan Laos pada Piala AFF 2004, Raihan gemilang pun didapatkan saat menghadapi Kamboja di Piala AFF tahun yang sama. Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan dengan skor 8-0 atas Kamboja.

Delapan gol Timnas Indonesia masing-masing dibukukan, Ilham Jaya Kusuma tiga gol, Elie Aiboy dua gol, Kurniawan Yulianto dua gol serta satu gol Ortizan Solossa.

5. Timnas Indonesia vs Filipina 13-1 (Piala AFF 2002)

Penyerang Persija Jakarta, Greg Nwokolo dan Bambang Pamungkas

Photo :

Secara mengejutkan, Timnas Indonesia berhasil meratakan Filipina dengan skor 13-1, hal tersebut terjadi di Piala AFF 2002. Ke 13 gol skuad Garuda Indonesia masing-masing dicetak, Zaenal Arief dan Bambang Pamungkas berhasil mencetak empat gol Sementara Bejo Sugiantoro mencetak dua gol. Serta Budi Sudarsono dan Imran Nahumarury masing-masing mencetak satu gol.

Namun lagi-lagi, Timnas Indonesia harus tersingkir di babak final oleh Thailand. Selain itu, Timnas Indonesia merupakan negara paling banyak masuk final, namun gagal meraih gelar juara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya