Umat Islam di Solo Demonstrasi Tolak Israel Ikut Piala Dunia U-20

Demonstrasi tolak Israel ikut Piala Dunia U-20
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Bola – Puluhan umat Islam yang tergabung dalam Aliansi Solo Raya menggelar aksi demo penolakan kedatangan Israel U-20 dalam ajang Piala Dunia U-20 yang digelar di Indonesia. Selain menggelar demo, mereka juga mendatangi Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solo untuk menyampaikan aspirasi terkait penolakan Israel.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Pantauan VIVA, sejumlah peserta demo tampak membentangkan spanduk yang bertuliskan penolakan terhadap tim sepakbola Israel yang akan berlaga di Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Selain itu mereka juga membawa poster bertuliskan tolak Zionis Israel.

Aksi demo tersebut dilakukan di tangga depan Graha Paripurna DPRD Solo. Demo tersebut mendapatkan penjagaan dari sejumlah aparat kepolisian dan Satpol PP Solo. Setelah orasi, mereka langsung bergavung dengan peserta lainnya yang melakukan audiensi dengan anggota DPRD Solo.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Timnas Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20

Photo :
  • football.org.il

Humas Aliansi Solo Raya Endro Sudarsono mengatakan demo tersebut digelar sebagai bentuk penolakan terkait kedatangan delegasi Israel yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Dia pun meminta kepada pemerintah Indonesia untuk tetap konsisten bahwa negara Indonesia memiliki konstitusi anti penjajahan yang termaktub dalam Pembukaa UUD 1945.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

“Kita konsisten menyampaikan kemerdekaan hak segala bangsa untuk itu segala penjajahan di dunia harus dihapuskan. Untuk itu kita sampaikan ke Pak Presiden Jokowi untuk tidak berubah sikap terhadap penjajah di manapun untuk melakukan perlawanan,” kata dia.

“Karena memang Israel selama ini tidak menjadi bagian dari Indonesia karena  sikap yang keras terhadap bangsa Palestina . Sementara itu bangsa Palestina adalah bangsa yang harus dimerdekakan sejak era Soekarno hingga Pak Jokowi saat ini,” imbuhnya.

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Photo :
  • instagram.com/israel_football_association

Selain kepada Presiden Jokowi, Endro mengatakan akan menyampaikan tuntutan ini kepada Ketua DPR RI Puan Maharani. Ia berharap petinggi PDIP itu untuk memberikan nasehat maupun sikap keras kepada Presiden Jokowi untuk tetap mengingatkan agar menolak kehadiran Timnas Israel ke Indonesia mengikuti Piala Dunia U-20.

“Termasuk wakil dan semua anggota DPR untuk menyampaikan nasehat kepada Bapak Jokowi untuk saling menguatkan bahwa banga Indonesia antipenjajahan sehingga perlu menolak delegasi U-20 dari Israel yang akan datang ke Indonesia,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Solo Sugeng Riyanto yang menerima audiensi dengan para pendemo itu meminta untuk tetap melalui jalur konstitusional untuk menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia untuk berlaga di Piala Dunia U-20. “Silahkan demo, silahkan smapaikan aspirasi tetapi tetap damai, tetap sejuk danmenjaga kondusivitas,” ujar dia.

Menurut dia, penolakan terhadap Israel tidak perlu harus dimaknai dengan sesuatu yang harus berdarah-darah. Ia pun menyakini sikap pemerintah masih tetap sama dengan sikap Presiden RI pertama Soekarno yang menolak  keras terhadap penjajahan. Yang mana Israel merupakan salah satu bagian dari penjajah.

“Saya kira kita masih percaya dan yakin bahwa pemerintah memiliki sikap yang sama dengan Presiden pertama Republik Indonesia menolak keras terhadap perjajahan. Dan Israel dalam hal ini bagian dari itu. Konseskuensinya tentu harus menolak kesebalasan Israel hadir di perhelatan U-20,” kata Sugeng yang merupakan politisi PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya