Respons Plt Menpora soal Israel di Piala Dunia U-20: Tanpa Kompromi!

Timnas Israel lolos ke Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Sumber :
  • instagram.com/israel_football_association

VIVA Bola – Plt Menpora Muhadjir Effendy langsung dihadapkan dengan polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia

Apa Jadinya Jika Timnas Indonesia U-23 Ketemu Israel di Olimpiade 2024?

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U 20 2023 menjadi sorotan menyusul  aksi mereka terhadap penjajahan di Palestina.

Sejumlah pihak pun mendesak agar pemerintah menolak kehadiran Israel. Selain itu, Keamanan timnas Israel pun tak luput jadi pembicaraan jika nantinya mereka akan tetap tampil di ajang tersebut.

Legenda Timnas Indonesia dari Piala Dunia hingga Juara SEA Games Rayakan HUT PSSI

Terkait hal ini, Muhadjir belum bisa memberikan jawaban pasti. Dia menyebut dirinya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk membahas hal ini. Namun, dia memastikan bahwa Indonesia akan tetap mendukung Palestina, dan berpegang pada UUD.

Zainudin Amali dan Muhadjir Effendy

Photo :
  • VIVA / Robbi Yanto
ASN Boleh WFH 16-17 April untuk Tunda Arus Balik, Menko PMK: Kamis-Jumat Jangan Bolos!

"Jadi ini masih harus koordinasi dan saya baru menyiapkan pihak-pihak terkait, segera saya kontak. Intinya, kita tetap berpegang pada komitmen. Ini bukan soal kebijakan, tapi undang-undang," kata Muhadjir di kantor Kemenpora, Kamis  16 Maret 2023.

"Di dalam [pembukaan] undang-undang dasar di alinea pertama itu harus betul-betul dipegang tanpa kompromi. Jadi pegangannya adalah konstitusi, 'Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu' dan seterusnya," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI yang juga Ketua Panitia Lokal (LOC) Erick Thohir menyatakan timnas Israel di Indonesia akan aman.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD juga sudah menyiapkan berbagai jalur untuk kedatangan timnas Israel.

Soal keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 turut menjadi topik pembahasan internal FIFA. Sempat tersiar kabar pula Israel tidak akan satu grup dengan Indonesia dan Irak karena persoalan diplomatis

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya